Rabu, 30 April 2008

Tebak-Tebakan 2

Re: >>>> > > > Selamat Anda memenangkan hadiah dari DANCOW
Re: >>>> > > > Rp. 5 Jt. Segera kirim fotocopy KTP & pas foto
Re: >>>> > > > ukuran 10-R untuk dicocokkan dengan sapinya

Re: >>>> > > > Selamat Anda memenangkan hadiah dari PEPSODENT 1 M
Re: >>>> > > > dengan syarat anda diminta melepaskan 1 gigi atas
Re: >>>> > > > anda dan kirimkan ke PO BOX 007 Tembagapura

Re: >>>> > > > SMS Breaking NEWS : Seorang istri diancam hukuman
Re: >>>> > > > berat karena potong penis suami dan menggorengnya.
Re: >>>> > > > Alasannya : LHA WONG MENTAHNYA AJA ENAK apalagi
Re: >>>> > > > MATENGNYA !

Re: >>>> > > > DEK AYOLAH ?!
Re: >>>> > > > Jangan bang, adek lagi datang bulan.
Re: >>>> > > > KALAU GITU PANTAT KAU JADILAH !
Re: >>>> > > > Jangan bang, adek lagi ambeien.
Re: >>>> > > > SAMPAI KAU BILANG SARIAWAN KUTAMPAR KAU !

Re: >>>> > > > What's wrong with ur HP?
Re: >>>> > > > I've tried Calling u many times
Re: >>>> > > > Everytime I dial your no, the operator kept saying
Re: >>>> > > > "The Person that your calling is Streep Dancing
Re: >>>> > > > in front of me. Pls try again Later!"

Re: >>>> > > > Hari ini gue sial banget, deh .
Re: >>>> > > > Tadi siang HP gue diminta ama orang gila .
Re: >>>> > > > Tadi sore gue dikejar-kejar orang gila ..
Re: >>>> > > > Sekarang sms gue dibaca ama orang gila .
Re: >>>> > > > Bener-bener sial !

Re: >>>> > > > Man wan to buy condom,
Re: >>>> > > > Salesgirl: May I hold your penis for measure the size?
Re: >>>> > > > Man : Sure
Re: >>>> > > > S-G say : "Give him a "M"! Wait give him "L"!
Re: >>>> > > > Wait, give him "XL"! Oh Shit ! Give me Tissue !

Re: >>>> > > > Suatu hari Ada di surga tanya sama Tuhan
Re: >>>> > > > Kenapa ada Surga ?
Re: >>>> > > > Tuhan : untuk orang2 sepertimu
Re: >>>> > > > Adam : kenapa ada neraka kalo gitu ?
Re: >>>> > > > Tuhan : untuk orang2 yang baca pesen ini !!!

Re: >>>> > > > When cloud getting dark,
Re: >>>> > > > When wind blow hard,
Re: >>>> > > > I remember u in my heart,
Re: >>>> > > > No one like u that I can count on,
Re: >>>> > > > Please angkatin jemuran Donk!!

Re: >>>> > > > Aku buka tutupnya buru-buru
Re: >>>> > > > Bulu-bulu tutupi batang yang bsr-pjg menggoda,
Re: >>>> > > > Kini aku jilati, aku gigit dengan gemas biji-biji
Re: >>>> > > > yang bsr dan ranum ... ugh panas ...
Re: >>>> > > > Jagung rebusnya .. .

Re: >>>> > > > Kubuka bajunya
Re: >>>> > > > Kuputar badannya,
Re: >>>> > > > Kujilat mesra,
Re: >>>> > > > Kukulum susunya
Re: >>>> > > > Membuatku tak tahan untuk memasukkannnya
Re: >>>> > > > Dan kurasakan kenikmatannya ..
Re: >>>> > > > Asyiknya makan OREO

Re: >>>> > > > Kubuka baju birumu ..
Re: >>>> > > > Kulitmu yang coklat tidak mengurangi hasratku
Re: >>>> > > > Ku kulum, kupuntir, dan kujilat sampai
Re: >>>> > > > kedalam-dalammu
Re: >>>> > > > Tersembullah cairan putih ...
Re: >>>> > > > Ugh enaknya OREO

Re: >>>> > > > Kurasakan Gesekan itu,
Re: >>>> > > > Makin cepat,
Re: >>>> > > > Dan kurasakan panas menjalar di seluruh tubuhku
Re: >>>> > > > Kuerangkan suaraku sebagai tanda nikmatnya suasana
Re: >>>> > > > hati, Oooh enaknya dikerokin

Re: >>>> > > > Aku di bawah kau di atas,
Re: >>>> > > > Kau mengangkang akupun senang,
Re: >>>> > > > Kau mulai basah akupun tenang,
Re: >>>> > > > Kau kulemaskan aku pun basah,
Re: >>>> > > > Ooooh ... PAYUNG-ku ternyata masih hujan ..!

Re: >>>> > > > Hati yang TERBUKA yang dapat menerima cinta,
Re: >>>> > > > Tangan yang TERBUKA yang bisa menerima kebaikan,
Re: >>>> > > > Dan HANYA kaki yang TERBUKA yang dapat menerima
Re: >>>> > > > KENIKMATAN !

Re: >>>> > > > Layanan dlm bhs Ind tekan 1
Re: >>>> > > > Bhs Jawa tekan 2
Re: >>>> > > > Sdgkan untuk bahasa tubuh
Re: >>>> > > > silahkan tekan bagian tubuh yang paling sensitif

Re: >>>> > > > GOD saw u hungry so HE created rice
Re: >>>> > > > HE saw u thirsty he created H2O
Re: >>>> > > > GOD saw u in a dark so HE created sun
Re: >>>> > > > And HE saw u need a cute friend .
Re: >>>> > > > EHEM ... HE created ME ...

Re: >>>> > > > What do u call a terorist who bombed the wrong
Re: >>>> > > > buildings?
Re: >>>> > > > OSALAH
Re: >>>> > > > YAMAAF

Re: >>>> > > > How are you my best friend. I'm in trouble now. Only
Re: >>>> > > > you could help me. I want to stay at your home for
Re: >>>> > > > a few days. I'll wait 4 ur answer.
Re: >>>> > > > Sender : OSAMA BIN LEIDEN

Re: >>>> > > > Info dari Interpol nama anak-anak Mr. Laden dari
Re: >>>> > > > yang tertua:
Re: >>>> > > > 1. Osama
Re: >>>> > > > 2. Omirip
Re: >>>> > > > 3. Obeda
Re: >>>> > > > 4. Olaen
Re: >>>> > > > 5. Osperti
Re: >>>> > > > 6. Okaya
Re: >>>> > > > 7. Okedeh
Re: >>>> > > > dari Osaya dan yang baca OGILA

Re: >>>> > > > AMERIKA kembali meminta agar TALIBAN menyerahkan
Re: >>>> > > > OSAMA BIN LADEN,
Re: >>>> > > > Jika tidak maka TALIBAN akan dijadikan TALISEPATU,
Re: >>>> > > > TALITAS, atau TALIBH .

Re: >>>> > > > Ternyata tidak semua produk AMERIKA itu JEMPOL.
Re: >>>> > > > Contohnya WTC baru disenggol aja udah runtuh
Re: >>>> > > > Bagus produk INDONESIA: WTS meski udah dirudal
Re: >>>> > > > ribuan kali tetap OKE !

Re: >>>> > > > LAPORAN FBI MENYATAKAN ADANYA RENCANA SERANGAN
Re: >>>> > > > SUSULAN DARI SEBUAH PESAWAT TUMPUL TANPA SAYAP
Re: >>>> > > > YANG AKAN DIHUNJAMKAN KE WTC (wanita tanpa celana)

Re: >>>> > > > Laporan harga (9 bahan pokok)
Re: >>>> > > > Harga susu paling menonjol
Re: >>>> > > > Pisang turun-naik tapi masih di atas telor.
Re: >>>> > > > Sementara kacang terjepit di tengah-tengah daging.

Re: >>>> > > > Daster adalah ruangan yang paling luas di dunia.
Re: >>>> > > > Di sana ada 2 pabrik susu, 1 pabrik gas, pabrik
Re: >>>> > > > pupuk, pabrik anak dan tempat hiburan paling
Re: >>>> > > > nikmat di seluruh dunia.

Re: >>>> > > > Menurut dokter, PENIS adalah makanan yg bergizi
Re: >>>> > > > karena terdiri dari 1 buah sosis, 2 buah telor,
Re: >>>> > > > dan segenggam rumput laut. Mau tambah mayones ...
Re: >>>> > > > kocok dulu

Re: >>>> > > > KOREAN dictionary:
Re: >>>> > > > Kiss me = soon dhong yang
Re: >>>> > > > Sweet memory = choo pang dhong ...
Re: >>>> > > > Get ready = ngang kang yang
Re: >>>> > > > Come in = tan cap dhong
Re: >>>> > > > It's nice = dho rong yang ...

Re: >>>> > > > 4 tipe wanita berdasarkan CD
Re: >>>> > > > 1. CD sampe puser = LUGU
Re: >>>> > > > 2. CD mini = NAKAL
Re: >>>> > > > 3. CD berenda = keIBUan
Re: >>>> > > > 4. Nggak pake CD = penuh pengertian ..

Re: >>>> > > > 3 perspektif tentang "BURUNG" cowok :
Re: >>>> > > > 1. GENTLEMAN! Karena selalu berdiri di hadapan cewek
Re: >>>> > > > 2. SNIPER! Karena selalu menembak malam-2
Re: >>>> > > > 3. GOSIP! Karena selalu berpindah dari mulut ke mulut!

Re: >>>> > > > 4 types of woman having sex :
Re: >>>> > > > 1. ASMATIC: ah . ah .. Ah .
Re: >>>> > > > 2. OBEDIENT : yes .. yyeeesss .. Yess
Re: >>>> > > > 3. UNSATISFIED : more .. ! More .. !
Re: >>>> > > > 4. RELIGIOUS : Oh my GOD !
Re: >>>> > > > 5. FROST : Enak gila !!!

Re: >>>> > > > The 5 B's to consider when choosing a MAN'S lover:
Re: >>>> > > > 1.BEAUTY
Re: >>>> > > > 2.BRAIN
Re: >>>> > > > 3.BEHAVIOUR
Re: >>>> > > > 4.BREAST and the most important
Re: >>>> > > > 5. BUTT

Re: >>>> > > > The 7 C's to consider when choosing a MAN:
Re: >>>> > > > 1. CAR
Re: >>>> > > > 2. CREDIT CARD
Re: >>>> > > > 3. CARD MEMBER
Re: >>>> > > > Shares and
Re: >>>> > > > 4. CARING
Re: >>>> > > > 5. COUNTABLE
Re: >>>> > > > 6. CREDIBLE
Re: >>>> > > > And the most important thing is:
Re: >>>> > > > 7. CONDOM SIZE

Re: >>>> > > > 4 Keajaiban pria:
Re: >>>> > > > 1. Dapat masuk goa tanpa lampu
Re: >>>> > > > 2. Dapat mengepit telur tanpa pecah
Re: >>>> > > > 3. Dapat dijadikan mic tanpa batere
Re: >>>> > > > 4. Bisa tegang tanpa aliran listrik

Re: >>>> > > > AGE of vagina :
Re: >>>> > > > 16 - 19 Genuine
Re: >>>> > > > 20 - 28 Service
Re: >>>> > > > 29 - 36 Tune Up
Re: >>>> > > > 37 - 45 Repair
Re: >>>> > > > 46 - 55 Over haul
Re: >>>> > > > 56 - 60 Under carriage
Re: >>>> > > > 61 - 70 Total Break down n buy new !


Re: >>>> > > > When I see a baby, I remember "Teddy Bear Doll"
Re: >>>> > > > When I see a little girl, I remember "Barbie Doll"
Re: >>>> > > > But when I see you, I remember .. PANA DOLL
Re: >>>> > > > Puzzziiiing ... :-D

Re: >>>> > > > Pingin mabok minum INEX,
Re: >>>> > > > Pingin muka bersih pake SANEX,
Re: >>>> > > > Pingin kuat pake IREX,
Re: >>>> > > > Pingin minum pake TETEX,
Re: >>>> > > > Pingin klimaks pake PEREX,
Re: >>>> > > > Biar aman pake DUREX,
Re: >>>> > > > Oce nggak ?

Re: >>>> > > > Kissing a lady's Forehand is Respect,
Re: >>>> > > > Lips is Love, Breast is Loyalty,
Re: >>>> > > > Tummy is Heroism, Vagina si patriotism &
Re: >>>> > > > Kissing her Asshole is d greatest act of BRAVERY!

Re: >>>> > > > Berita terkini!
Re: >>>> > > > SeOrang REMajA PriA bEruMUr 20 th TlaH MeniKAH dg
Re: >>>> > > > NENEK Yg BeruMur 85 th.
Re: >>>> > > > SeMiNgGU KEMuDIan si SuaMI TLH MATI KrN mENgiSAP
Re: >>>> > > > SUSU ExpiRED DaTe!!!!

Re: >>>> > > > 4 cowok membahas seorang perek yang semalam mereka
Re: >>>> > > > gilir :
Re: >>>> > > > Si A : bilang HUH GAK ENAK!
Re: >>>> > > > Si B : HUH GA BRASA!
Re: >>>> > > > Si C : HUH, ENAKAN BINI GUE
Re: >>>> > > > Si D : Iya Enakan Bini Loe !

Re: >>>> > > > Chu, Bu and Fu migrate to USA. To gain acceptance,
Re: >>>> > > > they Americanize their names. Chu becomes Chuck,
Re: >>>> > > > Bu becomes Buck, but Fu decides to go back to
Re: >>>> > > > China. U know why?

Re: >>>> > > > Sejak SOEKARNO s/d GUSDUR lambang negara kita adalah
Re: >>>> > > > BuRuNg GaRuDa.
Re: >>>> > > > Berhubung sekarang presidennya wanita maka lambang
Re: >>>> > > > dirubah menjadi KaCaNg GaRuDa .

Re: >>>> > > > Mama bilang kalo pacar saya pegang dada saya,
Re: >>>> > > > bilang "DON'T", dan
Re: >>>> > > > kalo pegang yang bawah bilang "STOP!",
Re: >>>> > > > tapi berhubung dia pegang dua-duanya saya
Re: >>>> > > > bilang "DON'T STOP!"

Re: >>>> > > > BUAH SEMANGKA BUAH DUREN NGGAK NYANGKA GUA KEREN
Re: >>>> > > > BUAH NANGKA BUAH MANGGIS NGGA NGIRA GUA MANIS
Re: >>>> > > > ADA GULA ADA SEMUT IH GILA GUE IMUT

Re: >>>> > > > Habballa wa'ala sami'u lakana baka'a cilata. Selamat
Re: >>>> > > > Anda telah membaca mantra mengecilkan alat kelamin
Re: >>>> > > > Anda. Silahkan periksa sendiri dan jangan kasih tahu
Re: >>>> > > > orang lain ;-)

> > Kau pegang punyaku dan kupegang punyamu, kau remas punyaku dan
kuremas punyamu digoyang - goyang sampai lepas... orang lagi
ngapain..ayooo..?
> > Orang lagi training cara bersalaman yang baek

> > BMW apanya yang mahal?
> > W-nya,soalnya kalo di ganti X jadi murah

> > Apa bahasa inggrisnya nenek-nenek naik diatas pohon sambil joget?
> > You believe it or not

> > Apa bedanya bulan sama matahari?
> > Kalau matahari banyak disconnya, kalo di bulan belum pernah kesana

> > Apa bedanya taman mini, metromini, dan rok mini ?
> > Kalo didalam taman mini pasti ada metro mini terus kalo didalam metro mini
pasti ada rok mini,dan.....kalo didalam rok mini pasti ada taman mini

> > Apa bedanya balapan kuda sama balapan motor?
> > Kalau balapan kuda ada tempat parkir motor,kalau balapan motor nggak ada
tempat parkir kudanya.

> > Ban apakah yang sangat buerat sekali?
> > Bantuin donk aku dorong kereta macet.

> > Apa yang paling di takuti oleh orang yang botak?
> > Jalan dibawah pohon durian yang sedang berbuah lebat

> > Apa bedanya sapi dengan manusia?
> > Kalo manusia sering pegang susu sapi, kalo sapi nggak pernah
pegang susu manusia

> > 5 orang berjalan dibawah 1 payung kecil tapi mengapa tidak ada 1
pun orang yang kehujanan??
> > Karena tidak hujan

> > Bahasa Jepang orang kecopetan apa?
> > Sakuku diraba takurasa

> > Katak apa yang bisa terbang...?
> > Katakkawan kawan itu namanya burung

> > Bis apa yang biasanya ada dipohon ? bisa monyet, bisa burung, dll terserah
> > elo

> > Duhai sayangku,kalau kau inginkan aku peganglah erat tanganku, naikilah
tubuhku dan mainkan yang bawah. Sedang apakah kita???
> > Naik sepeda

> > Kalo dikocok putihnya nggak keluar kalo di pencet putihnya baru keluar
> > Pasta gigi kemasan tube

> > Buah apa yang bikin orang bingung?
> > Jeruk. nah...bingung, khan?

> > Apa bedanya kepala sama kelapa ???
> > Kalo kepala dicukur jadi botak,tapi kalo kelapa dicukur jadi batok!!

> > Depannya K belakangnya L ada enam huruf bentukku panjang dan lonjong, apa
hayo?
> > Kapsul

> > Monyet apa yang senang maju mundur?
> > Monyet trika baju

> > Kalo dia bangun elu tidur,kalo dia tidur elu bangun, apa hayo?
> > Telapak kaki hehehehehe

> > Kalau orang kepala nya botak di depan kan pinter kalo botak dibelakang kan
kebanyakan mikir , kalo botak depan belakang apa?
> > Dia pikir dia pinter

> > Turunnya pelan naiknya cepet apaan ayoo?
> > Ingus

> > Kenapa orang takut dengan hujan?
> > Karena hujan datangnya nyerbu,kalau hujandatangnya satu satu kan bisa
ngelak sambil ngomong ee ngga' kena...eee nngga' kena,heeeeeee

> > Apa bedanya nasi goreng pedas dan yg tidak pedas?
> > Kalo yg pedas karetnya merah

> > Ikan apa yang paling cantik, paling baik,
paling manis,paling terkenal??????
> > I.....kan itu gue lagi !!!!

Read more...

Mimpi Basah Saat Puasa

Mimpi basah tidak membatalkan puasa karena termasuk dalam kategori mengeluarkan mani dengan tidak sengaja. Jadi, orang yang mimpi basah di siang hari di bulan Ramadhan tetap harus melanjutkan puasanya, puasanya dipandang sah dan tidak wajib diqadha. Yang membatalkan puasa adalah jika seseorang mengeluarkan mani dengan sengaja, semisal dengan onani, mencumbui isteri, melihat gambar yang merangsang dan sebagainya.
Untuk melakukan mandi junub ada dua hal yang harus dikerjakan karena merupakan rukun:
1. Niat dan menghilangkan najis dari badan bila ada. Sabda Nabi s.a.w.: Semua perbuatan itu tergantung dari niatnya. (HR Bukhari dan Muslim)
2. Meratakan air ke seluruh tubuh (termasuk rambut) Sabda Nabi SAW:
Setiap bagian di bawah rambut adalah janabah, maka basahkanlah rambutmu dan bersihkanlah kulit. Adapun sunnah mandi janabah adalah sebagai yang dicontohkan Rasulullah dalam hadits berikut ini:
Dari Aisyah r.a. berkata, “Apabila Rasulullah s.a.w. hendak mandi janabah beliau memulai dengan membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkannya ke dalam bejana. Kemudian beliau membasuh kemaluan dan berwudhu seperti wudhu untuk shalat. Lalu beliau menyela-nyela rambutnya dengan air. Setelah itu beliau menyiramkan air ke kepalanya tiga kali dan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya.” (HR. Tirmidzi)
Jadi yang disunahkan ketika mandi janabah adalah sebagai berikut:
1. Membaca basmalah.
2. Membasuh kedua tangan sebelum memasukkan ke dalam air
3. Berwudhu` sebelum mandi.
4. Menggosokkan tangan ke seluruh anggota tubuh. Hal ini untuk membersihkan seluruh anggota badan.
5. Mendahulukan anggota kanan dari anggota kiri seperti dalam berwudhu

Read more...

TAKDIR

Taqdir Allah adalah ketentuan yang telah Allah tetapkan. Bahkan jauh sebelum semua makhluq diciptakan, Allah telah menuliskan semua taqdir makhluqnya dari permulaan masa hingga hari akhir.
Namun harus kita pahami bahwa taqdir itu tidak ada yang tahu kecuali hanya Allah. Jadi kita tidak bisa mengatakan –misalnya- bahwa saya ini tidak bisa jadi kaya karena taqdir Allah. Sebab dari mana kita tahu bahwa di masa yang akan datang itu kita tetap miskin? Jadi bagi manusia dan semua makhluq yagn namanya taqdir Allah itu adalah hal ghaib dan misteri. Karena itu haram hukumnya seseorang berpangku tangan tidak berusaha dengan alasan sudah taqdir. Padahal Allah sendiri sebagai Penulis Taqdir telah memerintahkan kita untuk berusaha dan bekerja serta berikhtiar. Karena itu menyalahkan taqdir adalah dosa karena melawan perintah Allah.
Jauh hari sebelum kita, orang-orangdahulu pun pernah berselisih paham tentang takdir ini menjadi dua kubu yang ekstrem. Yang pertama yang menyerahkan semua pada taqdir, tidak mau bekerja dan berusaha. Yang kedua yang tidak percaya pada taqdir dan berpendirian bahwa manusia 100% menentukan apa yang akan terjadi. Bagi Ahlussunnah wal jamaah, posisi yang benar adalah diantara keduanya, yaitu tidak menafikan taqdir tetapi tetap berusaha.
Orang yang bunuh diri tidak keluar dari taqdir Allah, karena kita baru tahu apakah suatu kejadian itu merupakan taqdir dari Allah atau bukan setelah kejadian itu berlangsung. Jadi bagaimana kita tahu bahwa orang bunuh diri itu takdirnya bukan seperti itu ? Apakah kita bisa tahu taqdir dari Allah sebelumnya sehingga bisa mengatakan bahwa taqdirnya tidak mati bunuh diri, tapi mati di tempat lain.
Sehingga `jatah` manusia bukanlah untuk mempertanyakana apakah suatu kejadian itu sudah sesuai dengan taqdir Allah atau tidak. Tetapi jatah kita hanyalah berusaha untuk mendapatkan kebaikan, kesehatan, keselamanat, keamanan dan semua yang baik-baik. Usaha itu sendiri merupakan perintah Allah.
Dari Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah SAW bersbda,”Tidak ada seorang pun dari kamu melainkan telah dicatat / ditentukan tempat kembalinya, ke surga atau ke neraka”. Para shahabat bertanya,”Kalau begitu sebaiknya kita meninggalkan ibadah dan amal lalu bertawakal saja ?”. Rasulullah SAW bersabda,”Beramallah, karena semua orang dimudahkan oleh Allah sesuai dengan penciptaannya”. (HR. Bukhari, Muslim)

Konsep taqdir.

Taqdir itu memiliki empat tingkatan yang semuanya wajib diimani.

a. Al-`Ilmu,
Bahwa seseorang harus meyakini bahwa Allah mengetahui segala sesuatu baik secara global maupun teperinci. Dia mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi. Karena segala sesuatu diketahui oleh Allah, baik yang detail maupun jelas atas setiap gerak-gerik makhluknya.
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya , dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata "(QS. Al-an`am 59)

b. Al-Kitabah
Bahwa Allah mencatat semua itu dalam lauhil mahfuz, sebagaimana firman-Nya : Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi?; bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab . Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah.(QS. Al-Hajj : 70)

c. Al-Masyiah (kehendak)
Kehendak Allah ini bersifat umum. Bahwa tidak ada sesuatu pun di langit maupun di bumi melainkan terjadi dengan iradat / masyiah (kehendak / keinginan) Allah SWT. Maka tidak ada dalam kekuasaannya yang tidak diinginkannya selamanya. Baik yang berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh Zat Allah atau yang dilakukan oleh makhluq-Nya.
Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia. (QS. Yasin : 82)
Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada diantara mereka yang beriman dan ada di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.(QS. Al-Baqarah : 253)

d. Al-Khalqu
Bahwa tidak sesuatu pun di langit dan di bumi melainkan Allah sebagai penciptanya, pemiliknya, pengaturnya dan menguasainya.
Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab dengan kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan keta'atan kepada-Nya.(QS. Az-Zumar : 2)

Read more...

Bisa Melihat Jin atau Syetan, Bagaimana Hukumnya?

Jin adalah makhluq yang ghaib yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Kecuali bila dia melakukan penjelmaan menyerupai makhluk lainnya. Misalnya dia menyerupai binatang antara lain seperti yang banyak disebutkan dalam hadits-hadits shahih adalah menjadi ular, anjing atau binatang lainnya.
Penjelamaan ini tentunya atas izin Allah SWT juga dan bukan semata-mata jin punya kemampuan untuk berubah wujud. Yaitu Allah SWT telah mengizinkan bila mereka mengucapkan lafaz tertentu akan terjadi penjelmaan itu. Selain itu penjelmaan mereka sangat tidak sempurna sehingga tidak pernah bisa utuh dan baik. Sehingga sering kita mendengar ada 'roh gentayangan' tanpa kepala atau gosong sebelah. Sebenarnya itu adalah jin yang sedang menakuti manusia dan dia tidak mampu menjelma dengan meniru secara benar dan sempurna.
Keadaanya itu berlawanan dengan kemampuan para malaikat yang suci, dimana ketika mereka menjelma atau mewujudkan diri menjadi bentuk lain, hasil sangat sempurna. Misalnya ketika menjadi seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah SAW dan para shahabat dalam menerangkan rukun iman, rukun Islam dan ihsan serta hari qiyamat. Digambarkan bahwa malaikat itu berbaju sangat putih, berambut sangat hitam dan tidak ada tanda-tanda habis melakukan perjalanan jauh.
Begitu juga malaikat yang menjelma di hadapan Maryam dan meniupkan ruh ke dalam rahimnya sehingga menjadi bayi nabi Isa.
Atau ingatlah ketika para para wanita pembesar negeri Mesir memotong tangan mereka lantaran takjub melihat kerupawanan nabi Yusuf. Saat itu komentar yang terlontar dari mulut mereka adalah bahwa dia bukan manusia tapi malaikat. Artinya, mereka punya pemahaman bahwa yang namanya malaikat itu kalau mewujudkan diri dalam bentuk manusia pastilah sangat sempurna.
Sebaliknya, jin tidak mampu melakukannya sehingga kalaupun dipaksakan, maka hasilnya tidak sempurna.
Namun ada sebagian orang yang dirasuki jin dan dibuat matanya mampu melihat jin yang lain. Ini bukan kelebihan atau keutamaan, tetapi umumnya justru merupakan siksaan dan bentuk intimidasi dari jin sendiri untuk mengganggu dan kerusak akiqah manusia. Dan cara yang mereka lakukan bisa macam-macam.

Read more...

Apakah Makmum Baca Al Fatihah dalam Sholat Jamaah?

1. Tentang apakah makmum harus membaca Al-Fatihah di belakang Imam dalam shalat Jahariyah (shalat yang dinyaringkan bacaan) ada dua pendapat.
Pendapat pertama adalah pendapat Imam Syafi'i, beliau berpendapat bahwa makmum tetap wajib membaca Al-Fatihah walau dia mendengar imam membacanya. Dalil yang dijadikan landasannya adalah hadits berikut ini:
Dari Ubadah bin Shamit, dia mengabarkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidak sah shalat orang yang tidak membaca Ummul Qur'an (Al-Fatihah)." (HR. Muslim)
Dari Ubadah bin Shamit berkata, kami berada di belakang Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pada shalat fajar, maka rasululah membaca dan menjadi berat bacaannya. Ketika selesai shalat beliau berkata, "Sepertinya kamu sekalian membaca di belakang imam kalian?" kami menjawab, "Ya, ini yang Rasulullah." Beliau bersabda, "Janganlah melakukan hal itu kecuali Fatihatul Kitab, karena tidak sah shalat orang yang tidak membacanya. (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad).
Adapun pendapat kedua adalah pendapat Imam Abu Hanifah dan Ahmad mereka berpendapat bahwa Makmum tidak wajib membaca Al-Fatihah dalam shalat Jahriyah di belakang imam, karena bacaan imam telah mewakili bacaannya. Pendapat ini dilandaskan kepada dalil-dalil berikut ini:
Firman Allah:
"Dan apabila dibacakan al-Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A'raaf: 204)
Dari Jabir berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda, "Barangsiapa yang mempunyai imam, maka bacaan imam menjadi bacaannya juga." (HR. Ahmad).
Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti. Jika dia takbir maka takbirlah kalian, jika dia membaca maka diamlah kalian, dan jika dia mengucapkan sami'allahu liman hamidah, maka katakanlah Allahumma Rabbana lakal hamdu." (HR. Nasai)
Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti, jika dia takbir, maka takbirlah kalian, jia dia membaca, maka diam dan simaklah." (HR. Ahmad)
Adapun dalam bacaan ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud dan tasyahud, makmum tetap wajib membacanya, sebagaimana pun makmum wajib membaca Al-Fatihah saat imam membacanya dengan pelan seperti pada raka’at ketiga dan keempat.

2. Apabila makmum membaca Al-Fatihah, namun belum selesai dia membaca, imam sudah ruku’, maka dia pun harus ruku’ untuk mengikuti gerakan imam serta menghentikan bacaan Al-Fatihah. Dan dia tetap mendapatkan satu raka’at berdasarkan hadits berikut ini: “Barangsiapa yang mendapatkan ruku’ maka dia telah mendapatkan satu raka’at.”

Read more...

KUE PERKAWINAN

Bahan :
1 pria sehat,
1 wanita sehat,
100% Komitmen,
2 pasang restu orang tua,
1 botol kasih sayang murni.

Bumbu:
1 balok besar humor,
25 gr rekreasi,
1 bungkus doa,
2 sendok teh telpon-telponan,
5 kali ibadah/hari
Semuanya diaduk hingga merata dan mengembang).

Tips:
- Pilih pria dan wanita yang benar-benar matang
dan seimbang.
- Jangan yang satu terlalu tua dan yang lainnya
terlalu muda karena
dapat mempengaruhi kelezatan (sebaiknya dibeli di
toserba bernama TEMPAT
IBADAH, walaupun agak jual mahal
tapi mutunya terjamin.)
- Jangan beli di pasar yang bernama DISKOTIK atau
PARTY karena walaupun
modelnya bagus dan harum baunya tapi kadang
menipu konsumen atau kadang menggunakan zat
pewarna yang bisa merusak kesehatan.
- Gunakan Kasih sayang cap "DAKWAH" yang telah
mendapatkan penghargaan ISO dari Departemen
Kesehatan dan Kerohanian.

Cara Memasak:
- Pria dan Wanita dicuci bersih, buang semua masa
lalunya sehingga tersisa
niat yang murni.
- Siapkan loyang yang telah diolesi dengan
komitmen dan restu orang tua
secara merata.
- Masukkan niat yang murni kedalam loyang dan
panggang dengan api merata
sekitar 30 menit didepan penghulu.
- Biarkan di dalam loyang tadi dan sirami dengan
bumbunya.
- Kue siap dinikmati.

Catatan:
Kue ini dapat dinikmati oleh pembuatnya seumur
hidup dan paling enak
dinikmati dalam keadaan hangat. Tapi kalau sudah
agak dingin, tambahkan lagi
humor segar secukupnya, rekreasi sesuai selera,
serta beberapa potong doa
kemudian dihangatkan lagi di oven ber
merek "Tempat Ibadah". Setelah mulai
hangat, jangan lupa telepon-teleponan bila
berjauhan.

Read more...

Senin, 28 April 2008

Memanfaatkan Waktu

Menuntut ilmu tidaklah hanya dilakukan di sekolah saja, tapi dimana saja dan kapan saja. Jika kita analisa, kita belajar di sekolah paling lama hanya 8 jam dalam sehari, untuk apa sisanya 16 jam?
Okelah kita ambil realitanya aza, kita aktif bergerak dari bangun tidur sampai tidur kembali atau dari jam 5 pagi sampe jam 10 malam (17 jam). 8 jam kita gunakan untuk belajar di sekolah, dan sisanya untuk apa? Apakah untuk bermain saja? Mungkin lebih baik kita gunakan untuk belajar secara langsung maupun tidak langsung. Belajar secara langsung bisa dilaksanakan di tempat les dan belajar secara tidak langsung bisa dilaksanakan dimana saja. Tapi untuk belajar secara tidak langsung, carilah tempat yang terkesan positif.
Untuk belajar secara tidak langsung, saya melakukannya dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah membuka bahan ajar hasil mendownload dari e-dukasi.net. Bahan ajar yang tersedia di e-dukasi.net bermacam-macam ada untuk SMP, SMA dan SMK. Bahan ajar tersebut sangat membantu dalam proses pembelajaran. Bahan ajar tersebut berisi tentang materi, simulasi, latihan soal dan evaluasi.
Untuk teman-teman yang ingin mendownload bahan ajar yang ada di situs tersebut, kamu harus punya username dulu dengan cara mendaftar ke situs tersebut. Jika kamu belum punya username, kamu hanya bisa melihat dan membuka bahan ajar saja tetapi tidak bisa mendownloadnya.
Coba sendiri de klo kamu ga percaya, tapi daftar dulu ok. Klo kamu kesulitan dalam mendaftar, saya siap membantu.
Selamat mencoba…… Chayo…….

Read more...

TES CINTA

Nih temen-temen... Buat ngetest kita-kita apakah bener-bener cinta apa
ngga.Nilai sendiri deh ya... Ini aslinya sih didapat dari suatu buku Psycology, tapi gue dapatnya dari internet so coba deh jawab tapi secara jujur (dari hati yang paling dalam) dan harap direnungkan dulu sebelum menjawab oke?? Jawabannya gue kasi langsung, tapi janji ya, jangan curang ya... Isi dulu baru liat jawabannya... Jangan sebaliknya lho, biar hasilnya bener-bener akurat

Kalau buat yang pengen tahu apakah cewek/cowok kamu itu bener bener cinta sama kamu coba aja dibalik posisinya deh seperti "apakah dia..." jawab aja mana nomor yang kamu anggap iya ... nanti saya kasih kuncinya

1. Apakah telapak tangan anda berkeringat, hati anda deg-degan, suara anda nyangkut di dalam tenggorokan anda?
2. Apakah tangan anda tidak dapat berhenti memegang dan menyentuhnya?
3. Apakah anda bangga dan selalu ingin memamerkannya kepada semua orang?
4. Apakah anda masih ingin bersamanya karena campuran dari rasa sakit dan kegembiraan yang tidak dapat digambarkan dan membutakan?
5. Apakah anda tertarik pada orang lain yang punya hati dengan anda tapi masih bersamanya dengan setia?
6. Apakah anda menginginkannya karena anda tahu dia akan selalu di samping anda?
7. Apakah anda menerima pernyataan cintanya karena anda tidak mau menyakiti hatinya ?
8. Apakah anda masih bersama dia karena semua orang menginginkannya?
9. Apakah hati anda tercabik/hancur bila dia sedih?
10. Apakah anda bersedia memberikan semua yang anda sukai deminya?
11. Apakah anda bersedia memberikan seluruh hati anda, kehidupan anda,dan kematian anda untuk dia dan kebahagiannya?
12. Apakah anda mengatakan kepadanya bahwa dialah satu-satunya hal yang anda pikirkan?
13. Apakah anda menerima kesalahan dia, karena menurut anda hal itu adalah bagian dari kepribadiannya?
14. Apakah anda menangis untuk kesedihannya biarpun dia cukup tegar?
15. Apakah anda merasa matanya bisa melihat hati anda yang sesungguhnya dan menyentuh jiwa anda secara dalam sekali sampai terasa nyeri?

Jawabannya....

pokoknya ini kalau jawabannya "YA"

1. Ini bukan Cinta tapi Suka
2. Ini juga bukan cinta tapi BIRAHI
3. Ini apa lagi .. Inimah anda lagi mujur.
4. Inilah CINTA
5. Inilah CINTA
6. Kalo ini bukan cinta tapi anda Kesepian
7. Inimah Rasa Kasihan
8. Ini cuma Kesetiaan
9. Ini baru CINTA
10. Ini cuma Kemurahan Hati
11. Itulah CINTA
12. Bah !!! ini mah cuma GOMBAL !!
13. Ini baru CINTA
14. Ini baru CINTA
15. Ini baru CINTA

Benerkah kamu sungguh sungguh mencintai/dicintai??

Read more...

Tebak-tebakan

>Buah semangka, dilubangin, dikasih es batu,
dikocok-kocok terus
digelindingin. Jadi apa?
Jadi jauh

>Lubang apa yang paling kecil di dunia???
Lubang pantat... angin aja kalo mau lewat mesti
menjerit

>Benda apa yang kalo dilihat kotak, tapi kalo
dipegang bulat?
Lambang OSIS di baju anak SMU cewek

>Bagaimana caranya menghilangkan bau pete dimulut ?
Makan jengkol

>Kenapa cowok 'nggak perlu pake pembalut ?
Kalau pake, entar dikira hotdog

>Naik apa yang seperti dikejar-kejar burung?
Naik becak, dikejar2 burung tukangnya

>Apaan yang naik turun dibawah puser?
Resleting

>Bulat, panjang, hitam, ditengah paha, apa hayo?
Tiang listrik dipanjat orang

>Monyet apa yang nyebelin ?
Monyetelin tv kagak bisa, monyetelin radio kagak bisa juga

>Ayam apa yang di cari orang ?
Ayam hilang

>Coba tebak, telor apa yang paling uenakk ?
Telor yang lagi gatel trus digaruk-garuk

>Apa bedanya pemurung dengan pemulung ?
Pemurung tidak pernah merasa gembira, sedangkan pemulung tidak pelnah melasa gembila

>Truk apa yang ban-nya paling banyak?
Truk trailer ngangkut ban

>Kalo ditutup dia akan mengintip, tapi kalo dibuka
dia akan marah-marah? Orang naik becak pada waktu hujan

>Gimana caranya supaya 71 orang naik mobil VW kodok bersama-samasekaligus?
2 di depan, di belakang posisi 69

>Buah apa yang enggak bisa dipetik?
Buah yang udah jatuh dari pohonnya

>Apa bedanya ban mobil dengan kondom?
Kalo ban mobil tiba-tiba bocor, nyawa bisa hilang, kalo kondom bocor, nyawa bisa nambah

>Nyarinya susah, setelah dapet, langsung dibuang apaan?
Ngupil

>Kenapa robin jadi pembasmi kejahatan?
Soalnya dia ketemu sama batman.... kalo ketemunya sama baskin dia bakalan buka toko eskrim

>Apa bedanya sepak bola dengan pengantin baru?
Kalau sepak bola masukin dulu baru berpelukan tapi, kalau pengantin baru berpelukan dulu baru masukin

>Burung apa yang sayapnya satu?
Burung ngelamar kerjaan (sayap satunya megang map)

>Mengapa laki laki lebih keras suara kentutnya daripada perempuan ?
Karena laki-laki punya microfon

>Kenapa nyamuk lebih kurus dari lalat?
Soalnya nyamuk suka begadang

>Kenapa orang mati di bungkus dgn kain kafan?
Kalau dikasih kain batik ntar dia ke kondangan....!!

>Kenapa ibu dari pengantin wanita menangis pada
saat upacara pernikahan?
Gak rela anaknya diboongin

>Lampu apa yang kalau dipecahin keluar orangnya?
Lampu tetangga. coba elo pecahin, kan keluar orangnya

>mengapa tuyul kerjanya nyolong duit?
sebab kalau nyolong motor dia takut dibakar massa kalau
ketahuan, lagian dia nggak bisa naik motor.

>Kenapa Superman poni keritingnya cuman satu?
Kalau banyak namanya supermi

>mengapa sepeda motor mereknya "yamaha"?
sebab bikinan jepang kalau bikinan arab mereknya "yamahmud".

>Kenapa ayam jantan selesai kawin selalu mematuk kepala ayam betina?
Biar dia lupa siapa yang udah ngawinin dia

>Apa bedanya orang kurus dan orang gemuk?
Orang kurus makan hati, orang gemuk makan tempat

>Apa yang terjadi jika Graham Bell tidak menciptakan telpon?
Perjalanan anda tidak akan terganggu oleh galian Telkom

>Mengapa air laut asin?
Karena ikannya pada keringetan dikejar-kejar nelayan

>Kenapa koboi Meksiko kalo berpetualang selalu bawa gitar?
Emangnya disuruh bawa piano? yang bener ajaaa?

>Hewan apa yang paling nggak sopan?
Kutu. Soalnya nginjak-nginjak kepala

>Hewan apa yg paling panjang?
Ular ngantre beras

Read more...

PRINSIP KERJA SUATU GENERATOR ARUS SEARAH BERDASARKAN HUKUM FARADAY

PRINSIP KERJA SUATU GENERATOR ARUS SEARAH BERDASARKAN HUKUM FARADAY :
e = - N df/ dt
dimana : N : jumlah lilitan
f : fluksi magnet
e : Tegangan imbas, ggl(gaya gerak listrik)
Dengan lain perkataan, apabila suau konduktor memotong garis-garis fluksi magnetik yang berubah-ubah, maka ggl akan dibangkitkan dalam konduktor itu.
Jadi syarat untuk dapat dibangkitkan ggl adalah :
- harus ada konduktor ( hantaran kawat )
- harus ada medan magnetik
- harus ada gerak atau perputaran dari konduktor dalam medan, atau ada fluksi yang berubah yang memotong
konduktor itu.
Untuk menentukan arah arus pada setiap saat, berlaku pada kaidah tangan kanan :
- ibu jari : gerak perputaran
- jari telunjuk : medan magnetik kutub u dan s
- jari tengah : besaran galvanis tegangan U dan arus I
Untuk perolehan arus searah dari tegangan bolak balik, meskipun tujuan utamanya adalah pemabngkitan tegangan searah, tamopak bahwa tegangan kecepatan yang dibangkitkan pada kumparan jangkar merupakan tegangan bolak-balik. Bentuk gelombang yng berubah-ubah tersebut karenanya harus disearahkan.
Untuk mendapatkan arus searah dari arus bolak balik dengan menggunakan
- saklar
- komutator
- dioda
SISTEM SAKLAR
Saklar berfungsi untuk menghubungsingkatkan ujung-ujung kumparan. Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut :
Bila kumparan jangkar berputar, maka pada kedua ujung kumparan akan timbul tegangan yang sinusoida. Bila setengan periode tegangan positif saklar di huybungkan, maka tegangan menjadi nol. Dan bila sakalar dibuka lagi akan timbul lagi tegangan. Begitu seterusnya setiap setenganh periode tegangan saklar dihubungkan, maka akan di hailkan tegangan searah gelombang penuh.
SISTEM KOMUTATOR
Komutator brfungsi sebagai saklar, yaitu untuk menghubung singkatkan kumparan jangkar. Komutator berupa cincin belah yang dipasang pada ujung kumparan jangkar. Bila kumparan jangkar berputar, maka cincin belah ikut berputar. Karena kumparan berada dalam medan magnet, akan timbul tegangna bolak balik sinusoidal.
Bila kumparan telah berputar setengah putaran, sikat akan menutup celah cincin sehingga tegangan menjadi nol. Karena cincin berputar terus, maka celah akan terbuka lagi dan timbul tegangan lagi. Bila perioda tegangan sama dengan perioda perputaran cincin, tegangan yang timbul adalah tegangan arus searah gelombang penuh.
GAMBAR EFEK KOMUTASI

SISTEM DIODA
Dioda adalah komponen pasif yang mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
- Bila diberi prasikap maju (forward bias) bisa dialiri arus.
- Bila diberi prasikap balik (reverse bias) dioda tidak akan dialiri arus.
Berdasrakan bentuk gelombang yang dihasilkan, dioda dibagi dalam:
- Half wave rectifier (penyearah setengah gelombang)
- Full wave rectifier (penyearah satu gelombang penuh)

KARAKTERISTIK GENERATOR ARUS SEARAH
Medan magnet pada generator dapat dibangkitkan dengan dua cara yaitu :
- dengan magnet permanen
- dengan magnet remanen
Generator listrik dengan magnet permanen sering juga disebut magneto dynamo. Karena banyak kekurangannya, maka sekarang jarang digunakan.
Sedangkan generator dengan magnet remanen menggunakan medan magnet listrik, mempunyai kelebihan-kelebihan yaitu :
- Medan magnet yang dibangkitkan dapat diatur
Pada generator arus searah berlaku hubungan-hubungan sebagai berikut :
Ea = f z n P / 60 a Volt
Dimana:
Ea = ggl yang dibangkitkan pada jangkar generator
f = fluks per kutub
z = jumlah penghantar total
n = kecepatan putar
a = jumlah hubungan pararel
Bila zP/60a = c(konstanta), maka : Ea = cnf Volt

Berdasarkan cara memberikan fluks pada kumparan medannya, generator arus searah dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
1. Generator berpenguatan bebas
Generator tipe penguat bebas dan terpisah adalah generator yang lilitan medannya dapat dihubungkan ke sumber dc yang secara listrik tidak tergantung dari mesin.
Tegangan searah yang dipasangkan pada kumparan medan yang mempunyai tahanan Rf akan menghasilkan arus If dan menimbulkan fluks pada kedua kutub. Tegangan induksi akan dibangkitkan pada generator.



Jika generator dihubungkan dengan beban, dan Ra adalah tahanan dalam generator, maka hubungan yang dapat dinyatakan adalah:
Vf = If Rf
Ea = Vt + Ia Ra
Besaran yang mempengaruhi kerja dari generator :
- Tegangan jepit (V)
- Arus eksitasi (penguatan)
- Arus jangkar (Ia)
- Kecepatan putar (n)

2. Generator berpenguatan sendiri
(a) Generator searah seri

Vt = Ia Ra
Ea = Ia (Ra + Rf) + Vt + (b) Generator Shunt

Vt = If Rf
Ea = Ia Ra + Vt + Pada generator shunt, untuk mendapatkan penguatan sendiri diperlukan :
- Adanya sisa magnetik pada sistem penguat
- Hubungan dari rangkaian medan pada jangkar harus sedemikian, hingga arah medan yang terjadi, memperkuat medan yang sudah ada.
Mesin shunt akan gagal membangkitkan tegangannya kalau:
- Sisa magnetik tidak ada.
Misal: pada mesin-mesin baru. Sehingga cara memberikan sisa magnetik adalah pada generator shunt dirubah menjadi generator berpenguatan bebas atau pada generator dipasang pada sumber arus searah, dan dijalankan sebagai motor shunt dengan polaritas sikat-sikat dan perputaran nominal
- Hubungan medan terbalik,
karena generator diputar oleh arah yang salah dan dijalanksalahan, sehingga arus medan tidak memperbesar nilai fluksi. Untuk memperbaikinya dengan hubungan-hubungan perlu diubah dan diberi kembali sisa magnetik, seperti cara untuk memberikan sisa magnetik
- Tahanan rangkaian penguat terlalu besar.
Hal ini terjadi misalnya pada hubungan terbuka dalam rangkaian medan, hingga Rf tidak berhingga atau tahanan kontak sikat terlalu besar atau komutator kotor.
3. Generator kompon
Generator kompon merupakan gabungan dari generator shunt dan generator seri, yang dilengkapi dengan kumparan shunt dan seri dengan sifat yang dimiliki merupakan gabungan dari keduanya. Generator kompon bisa dihubungkan sebagai kompon pendek atau dalam kompon panjang. Perbedaan dari kedua hubungan ini hampir tidak ada, karena tahanan kumparan seri kecil, sehingga tegangan drop pada kumparan ini ditinjau dari dari tegangan terminal kecil sekali dan terpengaruh.
Biasanya kumparan seri dihubungkan sedemikian rupa, sehingga kumparan seri ini membantu kumparan shunt, yakni MMF nya searah. Bila generator ini dihubungkan seperti itu, maka dikatakan generator itu mempunyai kumparan kompon bantu.
Mesin yang mempunyai kumparan seri melawan medan shunt disebut kompon lawan dan ini biasanya digunakan untuk motor atau generator-generator khusus seperti untuk mesin las. Dalam hubungan kompon bantu yang mempunyai peranan utama ialah kumparan shunt dan kumparan seri dirancang untuk kompensasi MMF akibat reaksi jangkar dan juga tegangan drop di jangkar pada range beban tertentu. Ini mengakibatkan tegangan generator akan diatur secara otomatis pasa satu range beban tertentu.
(a) Kompon panjang

Ia = If1 = IL + If2
Ea = Vt + Ia(Ra + Rf1) + (b) Kompon pendek

Ia = If1 + If2 = IL + If2
Ea = Vt + ILRf1 + IaRa +
Pembangkitan Tegangan Induksi Pada Generator Berpenguatan Sendiri
Disini akan diterangkan pembangkitan tegangan induksi generator shunt dalam keadaan tanpa beban. Pada saat mesin dihidupkan (S tutup), timbul suatu fluks residu yang memang sudah terdapat pada kutub. Dengan memutarkan rotor, akan dibangkitkan tegangan induksi yang kecil pada sikat. Akibat adanya tegangan induksi ini mengalirlah arus pada kumparan medan. Arus ini akan menimbulkan fluks yang memperkuat fluks yang telah ada sebelumnya. Proses terus berlangsung hingga dicapai tegangan yang stabil.
Jika tahanan medan diperbesar, tegangan induksi yang dibangkitkan menjadi lebih kecil. Berarti makin besar tahanan kumparan medan, makin buruk generator tersebut.

Reaksi Jangkar
Fluks yang menembus konduktor jangkar pada keadaan generator tak berbeban merupakan fluks utama. Jika generator dibebani, timbullah arus jangkar. Adanya arus jangkar ini menyebabkan timbulnya fluks pada konduktor tersebut. Dengan mengnggap tidak ada arus medan yang mengalir dalam kumparan medan, fluks ini seperti digambarkan pada gambar dibawah ini.
Perhatian pada konduktor yang terletak pada daerah ac, ternyata fluks yang ditimbulkan arus jangkar dengan fluks utamanya saling memperkecil, sehingga fluks yang terjadi disini menjadi berkurang. Perhatikanlah kemudian konduktor pada daerah bd, ternyata fluks yang ditimbulkan oleh arus jangkar dengan fluks utamanya saling memperkuat, sehingga fluks yang terjadi disini bertambah. Fluks total saat generator dalam keadaan berbeban adalah penjumlahan vector kedua fluks. Pengaruh adanya interaksi ini disebut reaksi jangkar. Interaksi kedua fluks tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Karena operasi suatu generator arus searah selalu pada daerah jenuh, pengurangan suatu fluks pada konduktor dibandingkan dengan pertambahan fluks pada konduktor lain lebih besar.
B


Kerja pararel generator arus searah
Untuk memberi tenaga pada suatu beban kadang-kadang diperlukan kerja pararel dari dua atau lebih generator. Pada penggunaan beberapa buah mesin perlu dihindari terjadinya beban lebih pada salah satu mesin. Kerja pararel generator juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi yang besar pada perusahaan listrik umum yang senantiasa memerlukan tegangan yang konstan. Untuk hal-hal yang khusus sering dynamo dikerrjakan pararel dengan aki, sehingga secara teratur dapat mengisi aki tesebut.
Tujuan kerja pararel dari generator adalah :
- Untuk membantu mengatasi beban untuk manjaga jangan sampai mesin dibebani lebih.
- Jika satu mesin dihentikan akan diperbaiki karena ada kerusakan, maka harus ada mesin lain yang meueruskan pekerjaan. Jadi untuk menjamin kontinuitas dari penyediaan tenaga listrik.

Read more...

Menguak Gempa dan Tsunami

SAMPAI saat ini fenomena Bumi masih merupakan misteri yang sangat sulit untuk dianalisis. Mempelajari riwayat Bumi sepanjang masa merupakan hal yang susah-susah mudah, karena tidak seorang pun dapat memahaminya secara menyeluruh dan utuh. Betapapun teknologi manusia telah mampu mengirim wahana angkasa luar hingga ke Pluto yang berjarak 5,9 miliar km dari Bumi, namun jari-jari Bumi yang 6.370 km hanya baru mampu ditembus dengan pengeboran sampai kedalaman 10 km saja.
Terjadinya gerhana Matahari dan Bulan, mendekatnya komet ke Bumi serta berbagai peristiwa astronomi lainnya secara amat tepat telah dapat diketahui waktunya sejak jauh-jauh sebelumnya. Akan tetapi peristiwa alam seperti letusan gunung api, gempa bumi, banjir bandang, tsunami dan tanah longsor hampir sama sekali tidak pernah dapat diprediksi kapan saatnya akan tiba. Beragam bencana alam besar yang banyak menelan korban manusia seperti meletusnya Gunung Vesivius pada 24 Agustus 1979, Gunung Krakatau pada 23 Agustus 1883, gempa bumi di T'ang-Shan, China tahun 1976 dan di Kobe, Jepang tahun 1995, tanah longsor di Pasir Gundul Bogor dan banjir bandang di Sungai Bahorok Langkat umatera Utara serta gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004 yang baru lalu, merupakan sebagian kecil contoh betapa aktivitas Bumi masih mengandung misteri besar.

Gempa bumi
Gempa bumi atau dalam bahasa Inggrisnya earthquakes merupakan salah satu bencana alam terbesar bagi umat manusia, disamping kejadian alam lainnya seperti letusan gunung api dan banjir. Berbeda sekali dengan letusan gunung api dan bencana alam lain yang selalu didahului dengan tanda tanda atau gejala-gejala yang muncul jauh sebelum kejadian. Gempa bumi selalu datang mendadak secara mengejutkan, sehingga menimbulkan kepanikan umum yang luar biasa karena sama sekali tidak terduga sehingga tidak ada seorang pun yang sempat mempersiapkan diri.
Akibat yang ditimbulkan gempa bumi luar biasa dahsyat, karena mencakup wilayah yang sangat luas, menembus batas teritorial negara, bahkan antar-benua. Sifat getaran gempa bumi yang sangat kuat dan merambat ke segala arah, mampu menghancurkan bangunan-bangunan sipil yang terkuat sekalipun, sehingga tak ayal lagi sangat banyak memakan korban nyawa manusia. Bahkan gempa bumi sering kali diikuti oleh bencana alam lanjutan yang jauh lebih dahsyat berupa tanah longsor dan gelombang tsunami.
Sebagaimana halnya letusan gunung api dan kejadian bencana alam lainnya, orang-orang primitif tempo doeloe sering menghubung-hubungkan peristiwa terjadinya gempa bumi dengan takhayul dan hal-hal yang di luar nalar sehat. Bukan saja di sini, di luar negeri pun banyak cerita takhayul yang berkaitan dengan gempa bumi tersebut, misalnya yang terdapat di Rumania, Bulgaria, beberapa negara-negara Afrika, Tibet serta beberapa negara lain yang penduduknya menganut kepercayaan tertentu.
Orang Mongolia percaya , setelah bumi selesai dibuat, Tuhan menaruh bumi tersebut di atas pundak seekor katak yang sangat besar. Bila katak bergerak maka terjadilah gempa bumi. Aristoteles (384-322 SM.) menyatakan, kejadian gempa bumi disebabkan keluarnya udara yang terkurung di dalam tanah (Bumi sendawa).
Sampai kini juga masih tersisa mitos pada sebagian penduduk Sunda Jawa Barat, di antaranya ada yang masih percaya bahwa induk penyebab gempa bumi (lini, bahasa Sunda) adalah sebuah batu hidup yang terdapat di puncak gunung. Bila batu tersebut bergerak, maka seluruh Bumi juga akan bergerak, sehingga menimbulkan gempa bumi. Akan tetapi batu tidak mau bergerak selagi di muka dunia ini masih ada makhluk yang bernama manusia.
Secara ilmiah gempa bumi sebenarnya merupakan gejala alam biasa yang dapat dijelaskan bagaimana proses kejadiannya. Bahkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, maka sekarang sudah dapat diketahui jalur-jalur penyebaran pusat gempa bumi di seluruh dunia beserta sifat-sifatnya. Oleh karena itu kini manusia dapat membuat rancangan bangunan-bangunan sipil yang sesuai dengan karakteristik gempa yang bakal terjadi.
Betapapun demikian, gempa bumi selalu muncul secara mendadak tanpa mengenal waktu dan suasana. Sekalipun bangunan dirancang dengan standar suprastruktur sehingga tingkat keamanannya berlipat ganda, tetap saja berantakan manakala diguncang gempa bumi yang cukup kuat. Contoh aktual adalah terjadinya gempa bumi pada tahun 1995 yang memorak-porandakan Kota Kobe, Jepang.
Negara Indonesia, seperti halnya Jepang merupakan wilayah yang berisiko tinggi terhadap bahaya gempa bumi dan letusan gunung api, kecuali di sebagian P. Kalimantan. Oleh karena itu pengetahuan mengenai gempa bumi dan juga gunung api perlu terus diperdalam dan dikembangkan. Peristiwa gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 yang menelan korban ratusan ribu jiwa, menyadarkan kita semua akan perlunya pengetahuan ini untuk dapat dimiliki, bukan saja oleh setiap instansi dan lembaga, tetapi bagi setiap penduduk Indonesia.

Hakikat gempa bumi
Pada hakikatnya gempa bumi adalah getaran atau serentetan getaran dari kulit bumi yang bersifat tidak abadi dan kemudian menyebar ke segala arah (Howe1,1969).
Sesungguhnya kulit bumi bergetar secara kontinu walaupun relatif sangat kecil. Getaran tersebut tidak dikatakan sebagai gempa bumi karena sifat getarannya terus-menerus. Jadi suatu gempa bumi harus mempunyai waktu awal dan waktu akhir yang jelas.
Ilmu yang secara khusus mempelajari gempa bumi dinamakan seismologi. Ilmu ini biasanya dipelajari bareng bersama vulkanologi (ilmu gunung api), karena kegiatan gunung berapi di antaranya juga dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Penyebab terjadinya gempa
Walaupun ternyata sebagian hanya bersifat setempat atau kejadiannya sangat jarang, namun sebagian para ahli tetap menganggap terdapat empat sebab yang menimbulkan gempa bumi, yaitu runtuhnya gua-gua dalam bumi, tabrakan (impack), peledakan gunung api, dan kegiatan tektonik

Runtuhnya gua
Para ahli tempo dulu menduga, gempa bumi terjadi akibat runtuhnya gua-gua raksasa yang terdapat dalam bumi. Dugaan itu sama sekali tidak benar. Keruntuhan seperti itu tidak pernah ada. Kalau saja terjadi keruntuhan dalam bumi, hal itu hanya mungkin pada daerah pertambangan bawah tanah (underground), penggalian batu kapur dan sejenisnya. Akan tetapi keruntuhan yang terjadi hanya dapat menimbulkan getaran bumi yang sangat kecil dan bersifat setempat (lokal).

Tabrakan
Awalnya banyak juga yang percaya, gempa bumi disebabkan meteor atau shooting star yang menabrak bumi. Pada tahun 1908 di Rusia, suatu bintang beralih (meteor) jatuh dan mengakibatkan terjadinya lubang yang sangat besar menyerupai sebuah kawah. Walaupun gelombang tekanan akibat jatuhnya meteor tersebut tercatat sampai London, Inggris, akan tetapi efeknya sama sekali tidak terekam pada alat pencatat getaran gempa bumi (seismograf). Ini berarti getaran yang ditimbulkan akibat tabrakan meteor dengan bumi kekuatannya sangat kecil sekali. Lagi pula tabrakan yang demikian sebenarnya sangat jarang terjadi di bumi.

Peledakan gunung api

Aktivitas gunung api dapat menimbulkan gempa bumi yang dinamakan gempa bumi vulkanik. Gempa ini terjadi baik sebelum, selama, maupun setelah peledakan suatu gunung api. Penyebabnya adalah akibat terjadinya persentuhan antara magma dengan dinding gunung api dan tekanan gas pada peledakan yang sangat kuat, atau perpindahan magma secara tiba-tiba di dalam dapur magma.
Gempa bumi vulkanik sebenarnya kekuatannya sangat lemah dan hanya terasa di wilayah sekitar gunung api yang aktif saja. Dari seluruh gempa bumi yang terjadi, hanya 7 % saja yang termasuk gempa bumi vulkanik. Kendatipun demikian kerusakan atau efek yang ditimbulkannya cukup luas, sebab gempa bumi vulkanik biasanya disertai kemungkinan akan meletusnya suatu gunung api.

Kegiatan tektonik
Gempa bumi yang banyak terjadi dan mempunyai efek sangat serius sebenarnya berasal dari kegiatan tektonik, yaitu mencakup 90 % dari seluruh kejadian gempa bumi. Gempa bumi ini berhubungan dengan kegiatan gaya-gaya tektonik yang tengah terus berlangsung dalam proses pembentukan gunung-gunung, terjadinya patahan-patahan batuan (faults) serta tarikan dan tekanan dari pergerakan lempeng-lempeng batuan penyusun kerak bumi.
Proses kejadian serta jalur pusat-pusat gempa bumi tektonik di seluruh dunia dapat dijelaskan dengan suatu teori dalam Ilmu Kaji Bumi (Geologi) yang dinamakan Tektonik Lempeng (Plate Tectonics).
Kunci utama konsep ini adalah kulit Bumi (Litosfera) merupakan suatu lempeng yang bersifat rigid (tegar) yang bergerak satu terhadap lainnya di atas suatu massa dasar plastis yang dinamakan Astenosfera. Litosfera terdiri atas dua macam lempeng atau kerak (crust), yaitu Lempeng Benua (Continental Plate) dan Lempeng Samudera (Oceanic Plate). Setidaknya dikenal enam lempeng besar (major) yaitu Lempeng Eurasia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Pasifik dan Hindia-Australia.
Sumber gerak pada bagian dalam Bumi berawal dari adanya perbedaan temperatur antara bagian dalam Bumi yang bersuhu tinggi dan atmosfera yang bersuhu rendah. Perbedaan ini menyebabkan adanya gangguan keseimbangan sehingga menimbulkan terjadinya arus konveksi panas yang selanjutnya menyeret lempeng-lempeng kulit Bumi untuk bergerak mengalir mengapung di atas Astenosfera.
Bentuk Bumi yang bulat menyebabkan pecahan-pecahan lempeng yang terus bergerak itu pada akhirnya ada yang saling bertemu dan bertubrukan. Tubrukan dapat terjadi antara lempeng benua vs lempeng benua, lempeng samudera vs lempeng samudera atau lempeng benua vs lempeng samudera.
Pada kasus tubrukan antara lempeng samudera dengen lempeng benua, maka lempeng samudera akan menekuk ke bawah sehingga terjadi palung, yaitu bentuk laut yang sempit-memanjang dan sangat dalam. Gesekan yang terjadi dari dua lempeng ini menimbulkan panas yang sangat tinggi, sehingga pada permukaannya terbentuk rangkaian gunung api.
Gerak tumbukan itu terus berlangsung sejak dulu, sekarang dan yang akan datang. Sesekali lempeng mengalami retak-retak bahkan patah. Oleh karena ketebalan lempeng lebih dari 50 km, maka setiap kali terjadi retakan dan patahan maka terjadi getaran yang luar biasa kerasnya. Getaran itulah yang kita rasakan sebagai gempa bumi tektonik.

Parameter gempa bumi
Meskipun gempa bumi merupakan peristiwa geologi, namun dampak yang diakibatkannya bersifat menyeluruh. Maka, bidang-bidang lain di luar geologi, terutama Teknik Sipil, Pertambangan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) serta lembaga-lembaga yang berkaitan dengan masalah mitigasi bencana alam, juga berkepentingan untuk dapat memahaminya, setidaknya mengenai peristilahan dan parameter-parameter gempa bumi yang sering digunakan.
Ada sejumlah istilah dan parameter yang berkaitan dengan gempa bumi.

Hiposentrum dan Episentrum
Hiposentrum (hypocentre) adalah pusat gempa bumi, yaitu tempat terjadinya perubahan lapisan batuan atau dislokasi di dalam bumi sehingga menimbulkan gempa bumi. Howell (1969) telah membagi jenis-jenis gempa bumi berdasarkan kedalaman hiposentrumnya, yaitu gempa bumi dangkal (normal), pusatnya < 70 km; gempa bumi sedang (intermedier), pusatnya 70 - 300 km; gempa bumi dalam, pusatnya 300 - 700 km.
Kebanyakan gempa bumi yang terjadi pusatnya terletak dekat permukaan bumi pada kedalaman rata-rata 25 km, dan berangsur ke bawah tidak lebih dari 700 km. Gempa bumi dangkal cenderung lebih kuat dari pada gempa bumi dalam, oleh sebab itu gempa bumi dangkal lebih banyak menyebabkan kerusakan.
Bila hiposentrum terletak di dasar laut maka getaran gempa bumi yang terjadi dapat menimbulkan gelombang air pasang yang sangat besar dengan ketinggian mencapai puluhan meter. Gelombang air laut yang besar seperti ini dinamakan tsunami, bersifat sangat merusak dan dapat memporak-porandakan segala suatu yang diterjangnya di tepi pantai.
Epicentrum (epicentre) adalah tempat di permukaan bumi yang letaknya terdekat terhadap hiposentrum. Letak epicentrum tegak lurus terhadap hiposentrum, dan sekitar daerah ini pada umumnya merupakan wilayah yang paling besar merasakan getaran gempa bumi.
Besarnya intensitas atau kekuatan gempa bumi diukur dengan suatu alat yang dinamakan seismograf data hasil catatan seismograf yang berupa grafik dinamakan seismogram.
Skala Richter atau Richter Magnitude adalah metode kira-kira untuk menentukan besarnya energi yang dilepaskan di pusat gempa bumi. Perkiraan tersebut diformulasikan sebagai berikut :
Log E = 11,4 + 1,5 M
di mana :
E = energi (erg)
M = Richter magnitude.
Skala Modified Mercalli (MMI) digunakan untuk melukiskan goncangan gempa bumi secara kualitatif. Terdiri dari 12 skala (1 hingga 12). Skala membesar berarti gempa bumi yang terjadi semakin besar

Read more...

Tata Surya

Dahulu orang mengira bahwa bumi yang kita tempati ini adalah pusat jagat raya. Artinya benda-benda langit yang kita lihat seperti matahari, bulan, planet-planet dan bintang-bintang bergerak mengelilingi bumi. Tetapi ternyata perkiraan itu salah. Memang sih kelihatannya kalau kita melihat dari bumi kayaknya benda-benda langit itulah yang mengelilingi bumi. Orang yang pertama kali menentang bahwa bumi bukan pusat jagat raya adalah Nicolai Copernicus (1473-1543).
Copernicus meneliti jagat raya hampir setiap malam, dia mencatat posisi bintang-bintang. Dan menyadari bahwa ternyata posisi bintang tersebut selalu berubah tiap tahunnya. Logikanya jika benda-benda langit itu mengelilingi bumi maka posisi dari benda-benda langit tersebut tidak akan berubah. Selain itu Copernicus juga mengamati bahwa planet-planet memancarkan cahaya yang berubah-ubah kekuatannya. Hal ini terjadi karena jarak antara bumi dan planet berubah-ubah dan ini tidak mungkin terjadi jika bumi menjadi pusat jagat raya.
Sekarang kita mengetahui bahwa bumi bukan pusat dari jagat raya. Bumi hanyalah sebuah planet yang ada di dalam sebuah sistem yang disebut tata surya di mana matahari (=surya) menjadi pusatnya. Bahkan kita juga sekarang sadar bahwa matahari bukan juga pusat dari jagat raya. Matahari hanyalah sebuah bintang dan ada begitu banyak bintang di jagat raya. Jutaan bahkan mungkin milyaran bintang ada di jagat raya. Matahari dan tata surya melayang-layang di jagat raya yang maha luas yang kita tidak pernah tahu di mana pusatnya.
Seperti disebut di atas bumi ada di dalam sebuah sistem yang disebut tata surya. Sekarang mari kita lihat tata surya kita. Tata surya kita terdiri dari matahari sebagai pusat dan 9 planet yang bergerak mengelilinginya. Susunannya adalah sebagai berikut :
· Matahari
· Merkurius
· Venus
· Bumi
· Mars
· Jupiter
· Saturnus
· Uranus
· Neptunus
· Pluto
Selain planet-planet ada juga benda langit lainnya yang disebut satelit. Satelit adalah benda langit yang mengelilingi sebuah planet. Contohnya adalah bulan. Bulan adalah satu-satunya satelit bumi. Bulan bergerak mengitari bumi. Planet-planet yang lain juga memiliki satelit bahkan lebih dari satu. Misalnya Mars memiliki 2 satelit namanya Phobos dan Deimos. Saturnus memiliki satelit terbanyak :19 satelit !! Hampir semua planet memiliki satelit kecuali Merkurius dan Venus.

Matahari

Matahari adalah pusat dari tata surya. Ukuran garis tengah matahari adalah 100 kali lebih besar dari bumi, sehingga jika matahari itu kita anggap sebagai wadah kosong, maka matahari bisa menampung lebih dari 1 juta bumi !! Bagi kita matahari itu super buesarrrr, tetapi ternyata di jagat raya matahari termasuk bintang yang ukurannya kecil. Masih ada bintang yang besarnya seratus kali dari matahari !!
Jarak matahari dan bumi adalah sekitar 150 juta kilometer. Jauh ya ! Walaupun jaraknya jauh, panas yang berasal dari matahari masih bisa kita rasakan! Apalagi kalau pada siang hari bolong, kita akan merasakan teriknya matahari. Kalau begitu seberapa panas ya matahari itu ? Suhu di permukaan matahari mencapai 6000°C ! Huihhh panasnya. Oleh karena itu di dalam matahari tidak ada benda padat. Semuanya berupa gas.

Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari adalah sekitar 57 juta kilometer. Karena dekatnya dengan matahari, maka suhu di sana sangat panas pada siang hari yakni sekitar 427°C. Tetapi pada malam hari suhunya menjadi sangat dingin bisa mencapai -178°C. Sedangkan jaraknya dengan bumi 92 juta kilometer.
Semua planet berputar pada sumbunya. Perputaran itu disebut rotasi. Merkurius berputar lambat, satu putaran membutuhkan 58,6 hari. Selain berputar pada sumbunya semua planet bergerak mengelilingi matahari. Gerakan ini disebut gerakan orbital. Berbeda dengan gerakan rotasinya yang lambat, masa orbital Merkurius tergolong cepat yakni hanya membutuhkan 88 hari. Bandingkan dengan bumi yang membutuhkan waktu satu tahun (365,25 hari).
Merkurius adalah planet terkecil setelah Pluto. Ukurannya hanya 27% dari ukuran bumi. Permukaan Merkurius benjol-benjol mirip dengan permukaan bulan. Benjolan-benjolan itu muncul sebagai akibat benturan dengan meteor.

Venus

Planet kedua adalah Venus. Planet ini memancarkan sinar paling terang oleh karena itu sering disebut Bintang Fajar atau Binjang Senja. Jika langit sedang cerah pada pagi atau senja, lihatlah ke arah matahari terbit (pada pagi hari) atau tenggelam (pada sore hari), kamu akan melihat sebuah benda langit seperti bintang yang bercahaya cukup terang. Itulah planet Venus, bukan bintang. Planet, seperti juga bulan tidak menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya. Mengapa Venus dapat terlihat lebih terang dibanding planet lainnya ? Penyebabnya adalah karena Venus memiliki atmosfir berupa awan tebal berwarna putih. Atmosfir inilah yang memantulkan cahaya matahari sehingga terlihat berkilau oleh kita di bumi.
Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi. Ukurannya pun hampir sama dengan bumi hanya lebih kecil sedikit. Diameternya kira-kira 12100 kilometer (bumi memiliki diameter 12755 kilometer).
Venus berotasi sangat lambat. Satu putaran rotasi membutuhkan waktu 243 hari. Sebaliknya Venus masa orbital cukup cepat yakni 225 hari. Jadi di Venus 1 tahun Venus lebih cepat dari pada 1 hari Venus !!

Bumi

Bumi adalah planet ketiga. Di sinilah kita manusia hidup. Sampai sekarang kita masih bertanya-tanya apakah kehidupan seperti yang ada di bumi hanya ada di bumi. Jika kita menyadari bahwa jagat raya ini amat luas dan bumi ibarat setetes air di dalam samudra, kemungkinan itu ada. Tetapi untuk lingkup tata surya sudah dapat dipastikan hanya di bumi sajalah terdapat kehidupan yang sangat berkembang.
Sebagian besar permukaan bumi berupa lautan yakni 70% dari seluruh permukaan. Sisanya adalah daratan yang tersusun dari dataran, gunung dan lembah. Bumi dilingkupi oleh atmosfer. Sebagian besar atmosfer bumi terdiri dari gas Nitrogen (4/5 bagian), sisanya (1/5 bagian) berupa gas Oksigen. Terdapat pula gas-gas lain tetapi kadarnya sangat kecil.
Walaupun bumi adalah tempat hidup kita, banyak hal tentang bumi yang belum kita ketahui. Rahasia-rahasia yang terkandung di dalam perut bumi dan dari dasar samudra masih banyak yang belum terungkap. Tahukah kalian bahwa umur bumi diperkirakan sudah mencapai 4,5 milyar (4.500.000.000) tahun !! Walaupun bagi ukuran kita, umur bumi sudah sangaaaaaat tua tetapi menurut ukuran jagat raya umur segitu masih tergolong muda, masih anak-anak !!!
Bumi memiliki sebuah satelit yakni bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi, dan waktu yang dibutuhkan untuk satu putaran adalah 29,5 hari. Kita dapat melihat dengan jelas bulan pada malam hari karena bulan memancarkan cahaya. Bulan seperti juga planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, cahaya tersebut berasal dari matahari yang dipantulkan oleh bulan/planet.

Mars

Planet berikutnya adalah planet Mars. Planet Mars disebut juga planet Merah karena memang terlihat bercahaya merah dari bumi. Warna merah tersebut disebabkan oleh karena permukaan planet Mars diselimuti debu merah karat.
Dibandingkan dengan bumi, ukuran Mars hanya separuh dari ukuran bumi. Tetapi Mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos sedangkan bumi cuma satu.
Semula orang mengira ada kehidupan di Planet Mars. Untuk membuktikan dugaan ini, Amerika Serikat meluncurkan 2 pesawat Viking yang kemudian mendarat di Mars pada tahun 1976. Pesawat ini membawa contoh tanah dari Mars. Tetapi sayangnya dari hasil penelitian atas contoh tanah tersebut tidak ditemukan cukup bukti yang mendukung adanya kehidupan di Mars.
Lama rotasi Mars adalah 25 jam (bandingkan dengan bumi yang 24 jam) dan masa orbitalnya adalah 687 hari.

Jupiter

Planet di urutan ke-lima adalah Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Garis tengahnya mencapai 11 kali garis tengah bumi. Jika Jupiter kita bayangkan sebagai sebuah wadah kososng, maka Jupiter dapat menampung 1310 buah planet bumi !!
Tetapi tidak sebanding dengan ukurannya, berat Jupiter hanya 2 ½ kali dari planet bumi. Planet ini ternyata tidak padat, tetapi lembek seperti bubur. Permukaannya berupa gas helium dan hidrogen cair yang terbungkus awan yang bergolak.
Jupiter berputar pada porosnya sangat cepat (rotasi). Hanya dibutuhkan waktu 10 jam ! Dan ini adalah rotasi tercepat di tata surya. Jika dihitung kecepatan rotasi Jupiter adalah 35400 km/jam sedangkan bumi 1610 km/jam. Tetapi untuk mengelilingi matahari (orbital), Jupiter membutuhkan waktu jauh lebih lama yakni 12 tahun
Jupiter memiliki banyak sekali satelit yakni 16 buah. Empat buah satelit berukuran besar dan diberi nama : Ganymede (satelit terbesar di tata surya), Callisto, Europe dan Io. Dua belas satelit lainnya berukuran kecil dan diberi nama : Almathea, Himalia, Elara, Pasiphae, Sinope, Lysithea, Carme, Ananke, Leda (terkecil), Thebe, Adrastea dan Metis.

Saturnus

Planet ke-enam tata surya ini sangat unik. Saturnus memiliki cincin-cincin yang mengitarinya. Cincin-cincin tersebut tidak lain dari potongan jutaan es yang mengelilingi Saturnus.
Saturnus adalah planet kedua terbesar di tata surya. Diameternya adalah 120.660 km atau 9 kali diameter bumi. Lama putaran rotasinya adalah 10 jam 14 menit (tercepat kedua setelah Jupiter) sedangkan masa orbitalnya 29.5 tahun.
Saturnus memiliki satelit paling banyak yakni 19 buah satelit ! Satelit yang terbesar adalah Titan, sedangkan satelit lainnya adalah : Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Hypherion, Iapetur, Phobe, Janus, Epimethius, Telesto, Calypso, Atlas, Pandora, Helene, Prometheus dan Pan. Satu satelit lagi belum diberi nama (mungkin kalian punya usulan).

Uranus

Planet ke-tujuh ini merupakan planet yang terdiri dari gas! Bukan dari tanah padat seperti di bumi. Keadaan di Uranus dingin dan beku. Suhu di permukaannya berkisar antara -233°C sampai 213°C (huihh.. dingin sekali!). Gas utama pada udara Uranus adalah Hidrogen, kemudian diikuti methana dan Helium.
Seperti Saturnus, Uranus ternyata memiliki cincin. Tetapi berbeda dengan cincin yang terdapat di Saturnus, cincin Uranus tipis dan sampai sekarang telah ditemukan 9 lapis cincin Uranus.
Masa orbital Uranus adalah 84 tahun. Waktu rotasi Uranus adalah 15 ½ jam. Arah rotasi Uranus berlawanan dengan arah rotasi bumi. Uniknya lagi Uranus berotasi pada sisinya seperti sebuah gasing yang rebah. Akibatnya satu sisi planet terus-menerus mengalami siang selama 42 tahun, sedangkan sisi lainnya terus-menerus mengalami malam selama 42 tahun.
Uranus paling tidak memiliki 15 satelit. Dua yang terbesar adalah Oberon dan Titania. Satelit terbesar adalah Oberon dan terkecil adalah Miranda.

Neptunus

Neptunus adalah planet ke-8. Seperti Uranus, planet ini adalah planet gas. Kondisi di Neptunus hampir mirip dengan Uranus. Diameter Neptunus adalah 49.500 km. Jika Neptunus adalah sebuah wadah kosong maka Neptunus bisa menampung 60 buah bumi. Masa rotasinya adalah 18 jam sedangkan masa orbitalnya adalah 165 tahun.
Neptunus memiliki 8 satelit. Yang terbesar adalah Triton. Para ahli memperkirakan 100 juta tahun lagi jarak Triton dengan planet Neptunus akan cukup dekat sehingga Triton akan tercabik sebagian.
Sejak tahun 1984 para ahli telah menduga bahwa Neptunus memiliki cincin. Dugaan ini terbukti setalah pesawat angkasa Voyager 2 berhasil mendekati Neptunus dan memastikan bahwa Neptunus memiliki paling tidak 3 lapis cincin.

Pluto

Planet terakhir adalah Pluto. Planet ini adalah yang terkecil di tata surya. Ukurannya bahkan lebih kecil dari bulan. Keadaan di Pluto sangat dingin dan beku. Pada titik terjauh dari matahari, gas-gas yang ada di permukaan seperti metan, nitrogen dan karbondisoksida membeku. Baru pada titik terdekatnya dengan matahari gas-gas ini menguap dan membentuk atmosfir sementara.
Waktu rotasi Pluto adalah 6 1/3 hari dan masa orbitalnya 248 tahun. Yang unik dari orbital Pluto adalah, ada suatu masa yakni selama 20 tahun Pluto memotong orbit Neptunus. Sehingga pada masa itu Neptunus adalah planet terjauh. Peristiwa ini terjadi terakhir kalinya adalah antara Januari 1979 sampai dengan Februari 1999.
Pluto memiliki sebuah satelit bernama Charon. Ukuran Charon setengah dari ukuran Pluto. Permukaan Charon diperkirakan tersusun dari air dan es.

Read more...

KNALPOT RACING HARIAN CARA GAMPANG DONGKRAK TENAGA

Salah satu cara untuk mendongkrak tenaga motor adalah dengan mengganti knalpot ( exhaust ) dengan model racing. Diyakini, knalpot racing lebih lancar dalam menyalurkan gas hasil pembakaran. Bagaimana cara memilihnya ? Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli ? Bagaimana cara merawat mesin paska penggantian knalpot agar mesin tetap awet dan memiliki performa yang mumpuni ? Semoga tips berikut bisa membantu brothers dalam berburu knalpot racing untuk Karisma kesayangan - mengingat di toko onderdil dan variasi, bejibun banyaknya ragam model, merk dan harga knalpot racing.
Jujur saja, tidak ada sebuah knalpot yang betul-betul berkarakter racing ( balap ) yang dijual di pasaran secara bebas dan diproduksi masal. Orang kita terlanjur menyebut sebuah knalpot yang bentuknya berbeda dengan knalpot standar sebagai knalpot racing. Knalpot racing asli, biasanya didapatkan lewat pesanan khusus dengan desain dan perhitungan khusus pula ke tukang knalpot yang dipercaya. Karakter mesin ( paska korekan ), tipikal sirkuit balap dan hal-hal teknis lainnya yang merupakan bumbu dapur si pembalap dan team-nya, menjadikan knalpot racing kebanyakan diorder secara diam-diam (tidak dipasarkan kepada khalayak ramai). Yang dapat kita temui di pasaran, sebetulnya adalah knalpot semi-racing yang sudah diukur (jika si pembuat knalpot merupakan orang / merk ternama) agar sesuai dengan karakter mesin harian. Untuk seterusnya, istilah knalpot racing dalam tulisan ini merujuk kepada knalpot semi-racing ini.
Ada dua bentuk knalpot racing yang umumnya mudah dibedakan oleh rider awam. Bentuk panjang atau bentuk pendek. Bentuk panjang, jika knalpot tersebut memiliki silencer ( tabung peredam suara ) berada hampir di ujung buritan motor. Bentuk pendek, jika silencer knalpot tidak mencapai buritan ( setengah atau lebih sedikit dari panjang bodi motor keseluruhan ). Sulit membayangkan ? Lihat saja bentuk knalpot pada Honda RC211V Mas Biaggi dari Team Repsol Honda di MotoGP dengan bentuk knalpot pada pacuan Valentino Rossi di Yamaha M-1. Bentuk pendek, dimiliki oleh Honda RC211V. Valentino Rossi menggunakan bentuk panjang. Honda Tiger 2000 dan Honda Mega Pro, knalpot standarnya juga menganut bentuk panjang meski bukan tergolong sebagai knalpot racing.
Bentuk panjang, efektif untuk mengail tenaga di putaran atas ( menggapai top speed ). Bentuk pendek sebaliknya, efektif untuk mengail tenaga di putaran pendek. Jika bro menggunakan knalpot dengan bentuk pendek, torsi mesin gampang dicapai pada tiap giginya. Sedangkan jika menggunakan bentuk panjang, yang terasa adalah nafas mesin tiap gigi (terutama di gigi tinggi) terasa lebih panjang ketimbang saat menggunakan knalpot standar. Bentuk pendek, efektif untuk daerah perkotaan yang sering terjebak macet. Sedangkan bentuk panjang, ehem nikmat betul untuk motor yang sering diajak turing maupun buat pul-kam alias mudik. Jangan terkecoh. Perbedaan keduanya pada motor harian, tidak terlalu ekstrem. Jika bro menggunakan bentuk panjang untuk melibas macet, masih sah-sah aja kok. Bukan berarti motor bro akan bermasalah. Menggunakan bentuk pendek untuk turing ataupun perjalan jarak jauh, juga tidak ada masalah dengan tenaga.
Kembali ke MotoGP
Mengapa Honda RC211V menggunakan bentuk pendek ? Mengapa Yamaha M-1 menggunakan bentuk panjang ? Honda RC211V secara teknis, memiliki tenaga yang lebih dari Yamaha M-1. Rentang tenaganya / power band yang dimiliki lebih luas ketimbang rivalnya. Secara sederhana, jika itu Honda sanggup digeber 250 km / jam, rivalnya hanya mampu mencapai top speed 220 km /jam saja. Namun, untuk menempuh top speed maksimum, Honda RC211V membutuhkan waktu lebih lama ( kalah tarikan akibat power band lebih luas ). Jika diadu trek 201 m, Yamaha M-1 bisa jadi pemenangnya deh. Oleh karena itu, Honda RC211V perlu dopping tambahan agar tarikannya cepat melesat. Bentuk pendek ( ala megaphone )-lah solusinya. Kenapa Yamaha M-1 tidak mengikutinya ? Karena Yamaha M-1 membutuhkan dopping di putaran atas, sedangkan tarikannya dirasa cukup. Ingat bahwa top speed Yamaha M-1 masih kalah dari Honda RC211V sedangkan tenaga maksimum / top speed Honda RC211V sudah cukup. Kendati mengganti knalpot dengan bentuk pendekpun, top speed Honda RC211V masih di atas rivalnya. Kira-kira, analogi perbedaan bentuk panjang dan bentuk pendek demikian.
Bentuk panjang, biasanya ( sekali lagi, biasanya ) memiliki suara yang lebih lembut dan cenderung bulat atau sering disebut orang nge-bass Bentuk pendek, biasanya memiliki suara yang lebih keras dan pecah atau sering disebut orang robek atau mrepekâ. Wajar, panjangnya knalpot racing bentuk panjang, membuat aliran gas buang lama mencapai ujung knalpot sehingga tekanannya melemah ketika keluar. Pada knalpot racing bentuk pendek, di mana tekanan gas buang masih cukup kuat, gas buang sudah mencapai ujung knalpot. Inilah yang membuat bentuk pendek suaranya cenderung bikin pemakainya disumpahiorang lain. Selain ukuran, bentuk corong pada ujung silencer knalpot juga mempengaruhi. Masih ada lagi, karakter saringan dan mutu glass-wool ( gaspul ) yang berfungsi mengolah turbulensi gas buang di dalam silencer, juga turut mempengaruhi. Sayang, hal ini tidak bisa dengan mudah untuk diketahui oleh awam, kecuali orang yang mengerti seluk-beluk knalpot.
Namanya juga knalpot racing, tentu fungsi dasarnya adalah untuk membuat motor lari sekencang-kencangnya. Otomatis, putaran atas mesin lebih diutamakan, baik pada bentuk panjang maupun pendek. Dalam hal ini, knalpot racing rata-rata mengorbankan putaran bawah. Artinya, tarikan motor dengan knalpot racing, boleh jadi kalah bengis dari knalpot standar. Motor dengan knalpot racing tanpa penyesuaian apa-apa lagi akan terasa lemot dan lamban pada saat gas dipelintir. Seolah tenaga motor mengayun, hilang sesaat dan tidak responsif. Bagaimana mengakali-nya ? Hal ini juga berhubungan dengan faktor konsumsi bahan bakar.
Knalpot racing, membuat gas buang lebih lancar mengalir atau free-flow. Ibarat manusia, knalpot racing membuat seseorang ( baca : mesin ) pipis lebih lancar. Jika orang tersebut minum air terlalu sedikit, jadinya adalah dehidrasi. Demikian pula dengan mesin ketika knalpot racing diaplikasi. Pasokan bahan bakar harus ditambah ! Ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan brother paska penggantian knalpot ini.
1. Lakukan penyetelan setelan udara setelah penggantian knalpot.
2. Lakukan test ride beberapa km dengan kondisi riding seperti biasa ( layaknya membawa motor secara harian, tidak perlu terlalu kencang, tidak usah telalu pelan )
3. Matikan mesin beberapa meter sebelum motor berhenti ( posisi gigi di-netralkan dulu ) untuk memperlihatkan kondisi mesin ( via busi ) sesungguhnya.
4. Buka busi. Awas, hati-hati. Membuka busi sesaat setelah mesin dijalankan beresiko membuat ulir drat tempat busi menjadi selek.
5. Perhatikan kondisi dan warna busi. Jika busi berwarna putih bersih, berarti setelan udara tidak mampu menahan dahaga mesin akan bahan bakar. Harus ganti spuyer ! Jika busi berwarna putih kecoklatan / merah bata, berarti setelan sudah tepat. Jika busi berwarna hitam, atur ulang setelan udara.
Ada beberapa kasus yang kadang ikut menyertai ketika dilakukan penggantian knalpot. Kasus knalpot racing yang baru hobi dar der dor alias nembak-nembak sampai ke knalpot mengeluarkan percikan api ! Meski jarang terjadi, ada kemungkinan knalpot racing yang baru nembak. Karisma dilengkapi dengan CDI canggih yang mempu mengatur debit bahan bakar sesuai dengan permintaan mesin di setiap putaran. Penggantian knalpot racing, sedikit banyak membuat keakuratan CDI dalam membaca permintaan mesin berkurang. Jangan khawatir, hal ini tidak akan membuat CDI rusak hanya menghilangkan unsur ekonomis dan efisiensi bahan bakar. Wajar. Mesin melesat cepat, logikanya lebih haus bahan bakar kan ?
Perawatan mesin paska penggantian knalpot yang utama adalah, membuat mesin tidak kehausan bahan bakar ! Mesin yang telalu kering beresiko membuat mesin cepat jebol. Setelah setelan ideal didapatkan, perawatan yang lain berjalan seperti biasa. Ganti oli secara teratur, bahkan jika perlu interval-nya dipercepat. Misalkan biasanya ganti oli setiap 2000 km, boleh ganti setiap 1500 km. Tidak perlu oli mahal, oli rekomendasi pabrik sudah cukup kok. Satu tips lagi, setelah knalpot terpasang dan setelan didapatkan, bersihkan filter udara sekalian agar hasilnya lebih greng. Bensin tidak perlu diganti ke oktan yang lebih tinggi. Biasa minum premium, premium saja.
Ada juga beberapa kasus di mana setelah knalpot racing terpasang, setelan ideal malah tidak pernah ketemu meskipun sudah sampai mengutak-atik karburator ( ganti spuyer, setel pelampung, dll ). Hal ini menunjukkan bahwa knalpot tersebut kurang baik mutunya atau tidak sesuai dengan kondisi mesin standar. Langkah antisipasinya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum membeli knalpot. Bisa juga dengan memperhatikan beberapa merk yang sudah diakui mutunya, yang beredar di pasaran.
Terakhir, selama dilakukan penyetelan ulang paska penggantian knalpot dengan baik dan benar, disertai langkah-langkah merawat tunggangan secara rutin, tidak perlu khawatir Honda Karisma brothers akan cepat rusak. Apalagi Honda yang mesinnya bandel. Jadi, selamat berburu knalpot racing. Ingat, kecepatan bukanlah yang utama. Safety riding lebih penting, bro!

Read more...

Kata-Kata Mutiara

TUHAN DAN KEHIDUPAN
Ingatlah akan Tuhan yang telah menciptakan dirimu.
Tidak ada satu hal pun yang mustahil bila Tuhan berkenan.
Segala masalah pasti ada penyelesaiannya; tergantung bagaimana kita menyelesaikannya apakah membiarkan atau menghadapinya.
Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.
God will be help which who help himself.
Peace only happen in God.
Ketika kita lahir, kita menangis dan dunia bergembira. Jalanilah hidup kita dengan cara sedemikian rupa, supaya ketika kita meninggal, dunia akan menangis dan kita bergembira.
Ilmu pengetahuan pada masa muda akan membuat orang menjadi bijaksana pada hari tua.
Orang yang hidup dalam kasih mengenal:
1. Kesabaran.
2. Kemurahan hati.
3. Ketidak sombongan.
4. Terus terang
Memberi tidak harus mengasihi, tetapi mengasihi selalu disertai dengan pemberian.
5 Kelemahan pada setiap orang.
1. Disaat sembarangan, mudah membunuhnya.
2. Disaat takut, mudah menangkapnya.
3. Disaat marah, mudah menghasutnya.
4. Disaat sensitif, mudah menjadikannya terhina.
5. Disaat emosional, mudah membuatnya gelisah.
Anda tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika anda mengharapkan seseorang tanpa kesalahan.
4 Sifat orang mulia:
1. Dalam tingkah laku, sopan dan rendah hati.
2. Dalam menghadapi atasan, hormat dan tulus.
3. Dalam memenuhi kebutuhan orang banyak, murah hati dan ramah.
4. Dalam memakai tenaga orang lain, jujur dan adil
Budi orang baik ditandai dengan 3 ciri:
1. Menyambung persahabatan.
2. Memaafkan orang yang berbuat jahat.
3. Menolong orang yang tidak suka memberi pertolongan
Cara menghilangkan stress :
1. Jangan selalu tergantung pada orang lain.
2. Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan anda.
3. Jangan selalu mengingat kesalahan masa lalu, perasaan bersalah
dan penyesalan yang dalam dapat mempersulit, karena menguras segenap pikiran dan tenaga.
4. Jangan menyimpan kemarahan dan frustrasi, utarakan dan bicarakan dengan orang lain
yang bertanggung jawab atas terjadinya hal tersebut.
5. Luangkanlah waktu setiap hari, mulailah kegiatan baru.
6. Jangan menjadi pengendara yang agresif. Mengalah pada. "setan jalan".
Jalankan kendaraan dengan sikap mengalah.
7. Jangan menyimpan rasa dengki dan cemburu, rasa dengki memakan energi.
8. Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Tidakan tersebut menjurus pada Kesalahan-Penyesalan-Stress.
9. Yang penting kalau kita sudah tahu bahwa diri kita stress, itu merupakan kunci utama penyembuhan.
Resep awet muda :
1. Hadapi segala maslah dengan santai dan tenang, tanpa melupakan masalah anda sendiri.
2. Bersedih hati janganlah terlalu berkepanjangan. Carilah bahan pelipur dan berusahalah menyibukan diri.
3. Jauhkanlah amarah, karena kemarahan memakan energi yang berpengaruh buruk terhadap fisik.
4. Bila sesuatu dapat diselesaikan dengan ketenangan, mengapa harus dibarengi dengan ketegangan.
5. Kedengkian dan iri hati berpengaruh buruk terhadap peredaran darah dan jantung anda.
6. Hadapi orang marah dengan tenang dan jangan masukan kedalam hati.
7. Jangan memperdulikan hal-hal yang dilakukan orang lain, apalagi memvonisnya.
8. Dunia ini berputar, bila anda sedang berada dibawah, jangan putus asa. Ada saatnya anda pasti
akan naik keatas. Tetapi bila sudah berada diatas, ingatlah bahwa anda dapat jatuh.
9. Terimalah penderitaan dengan pasrah dan takwa kepada Tuhan, karena penderitaan selalu
membawa hikmah suatu kebahagiaan.
10. Fisik anda harus anda jaga dengan olah raga.
11. Jangan lekas merasa tua, karena dibanding dengan esok anda masih muda sekarang.




CINTA - KASIH
Cinta sejati tidak menuntut balasan apa-apa.
Cinta adalah kagum dengan hati, kagum adalah cinta dengan pikiran.
Suara hati seorang kekasih bagai nyanyian surgawi, walaupun kebencian sedang melanda.
Terimalah kekasih anda dengan apa adanya dia, maka cinta kasih suci akan bersemi pada hubungan anda dan kekasih anda.
Apapun kesalahan kekasih anda, bila anda benar-benar mencintaio dia tulus hati, jangan pernah anda menyakiti dia, apalagi dengan kekerasan.
Kasih itu identik dengan perasaan sayang yang diberikan dengan setulus hati dan tanpa paksaan.
Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat.
Dukunglah karir kekasih anda sepenuhnya, maka anda akan dihormati olehnya.
Dalam keheningan dan harapan, akan muncul kekuatan.

MANAJEMEN - DUNIA KERJA
Management Skills.
1. Memiliki konsep-konsep berpikir.
2. Berani mengambil keputusan.
3. Dapat menganalisa keadaan.
4. Dapat bersosialisasi.
5. Dapat berkomunikasi dengan baik.
6. Mengerti dan tahu masalah-masalah teknis.
Kualitas pemimpin ditentukan oleh:
1. Kebijaksanaan.
2. Kepercayaan diri.
3. Belas kasihan.
4. Keberanian.
5. Keteguhan.
Jika anda berpikir tentang hari kemarin tanpa rasa penyesalan dan hari esok tanpa rasa takut, berarti anda sudah berada dijalan yang benar menuju sukses.
Lebih baik memiliki banyak rencana yang belum terlaksana daripada tidak mempunyai rencana sama sekali.
Rasa takut bukanlah untuk dinikmati, tetapi untuk dihadapi.
Seni menjadi seorang manajer adalah dapat melakukan dan menyelesaikan perkerjaan melalui orang lain.
Menyerang tiba-tiba adalah salah satu kunci keberhasilan.
Mereka yang yakin akan menang akan melakukan penyerangan.
Tertawa merupakan obat terbaik diwaktu sakit maupun tidak.
10 Pedoman komunikasi menurut H. Norman Wright:
1. Jadilah pendengar yang setia, dan jangan berucap sebelum orang lain usai berbicara.
2. Janganlah berbicara tergesa-gesa. Berpikir dulu sebelum melontarkan kata- kata.
Ucapkan kata-kata yang mudah dipahami.
3. Ungkapkanlah hal-hal yang benar saja.
4. Jangan diam, ini justru membuat orang lain frustrasi. Jelaskan mengapa kata-kata anda tersendat-sendat.
5. Jangan mau terlibat dalam adu mulut, anda boleh tidak setuju, tetapi gunakanlah nada tidak berselisih.
6. Redakan amarah, jangan lontarkan kata-kata amarah.
7. Jika anda bersalah, akuilah dan minta maaf. Jika orang lain mengakui kesalahannya,
maafkanlah dia dan ampuni serta lupakan.
8. Jangan bersikap cengeng.
9. Jangan mempersalahkan atau mengeritik orang lain. Sebagai gantinya pulihkan,
beri semangat dan bangkitkan gairah hidupnya. Jika orang lain menyerang,
mengkritik atau mempersalahkan anda, jangan balas dengan sikap yang serupa.
10. Cobalah memahami pendapat orang lain. Izinkan perbedaan pendapat.
Cobalah ikut merasakan kepentingan orang lain.
Bila anda bekerja pada seseorang, perhatikan hukum dibawah ini:
Ayat : #1. Pimpinan selalu benar,
#2. Jika pimpinan berbuat salah lihat ayat #1.
#3. Jika kamu tidak dapat menerima ayat #2, itulah saat yang tepat untuk mengundurkan diri.
Hal tersulit yang sehubungan dengan sukses adalah, mempertahankan agar kita tetap sukses.
Jadilah orang yang lamban menggerakan lidah tapi cekatan menggerakan mata.
Orang bisa menjadi lebih kuat dengan makan, menjadi lebih bijaksana dengan membaca.
Rahasia dalam bisnis adalah mengetahui sesuatu yang tidak diketahui orang lain.
Jangan katakan bagaimana kerasnya anda bekerja, tetapi katakanlah berapa banyak yang sudah anda lakukan. (Jangan katakan kesulitan anda, tetapi katakanlah tunjukkanlah hasilnya)
Seorang pembohong tidak akan percaya kepada siapapun.
Berpikirlah seperti orang yang bisa bertindak, Bertindaklah seperti orang yang bisa berpikir.
Jika anda tidak melakukan kesalahan, berarti anda tidak menghasilkan apa-apa.
Anda tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika anda mengharapkan seseorang tanpa kesalahan.
Kebijakan itu seperti cairan, kegunaannya terletak pada penerapan yang benar,
orang pintar bisa gagal karena ia memikirkan terlalu banyak hal, sedangkan orang bodoh sering kali berhasil dengan melakukan tindakan tepat
Berhati-hatilah dalam memimpin, amati siapa yang anda pimpin serta gunalah metoda yang tepat.
Bekerjalah terus-menerus seperti semut yang rajin mencari makan, sehingga ketika musim paceklik tidak kelaparan. Jangan seperti belalang yang selalu berpikir "dunia belum kiamat" serta terus bersenang-senang sepanjang musim.
Teman/divisi yang sombong perlu diingatkan. Janganlah suka menepuk dada seolah-olah kesuksesan perusahaan/organisasi hanya kepada jerih payahnya ("Jangan berlagak seperti ayam jantan bodoh, yang berpikir bahwa matahari lantaran dia berkokok")
Mencoba sekali lagi lebih baik daripada mencari-cari alasan.
Kebiasaan terbentuk dari diri kita, kemudian kebiasaan membentuk kita.

Read more...

Hukum MLM

MLM dalam literatur Fiqh Islam masuk dalam pembahasan Fiqh Muamalah atau bab
Buyu' (Perdagangan). MLM adalah menjual/memasarkan langsung suatu produk baik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Sehingga biaya distribusi barang sangat minim atau sampai ketitik nol. MLM juga menghilangkan biaya promosi karena distribusi dan promosi ditangani langsung oleh distributor dengan sistem berjenjang(pelevelan).
Dalam MLM ada unsur jasa, artinya seorang distributor menjualkan barang yang bukan miliknya dan ia mendapatkan upah dari prosentasi harga barang dan jika dapat menjual sesuai target dia mendapat bonus yang ditetapkan perusahaan. Dalam MLM banyak sekali macamnya dan setiap perusahaan memiliki spesifikasi tersendiri.
Sampai sekarang sudah ada sekitar 200 perusahaan yang mengatasnamakan dirinya menggunakan sistem MLM. Untuk menilai satu persatu perusahaan yang menggunakan sistem ini rasanya tidak mungkin, kecuali jika perusahaan tersebut memberikan penjelasan utuh baik melalui buku yang diterbitkan atau presentasi langsung tentang perusahaan tersebut.
Oleh karena itu kami akan memberi jawaban yang bersifat batasan-batasan umum sebagai panduan bagi umat Islam yang akan terlibat dalam bidang MLM.
Allah SWT berfirman:
Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba"(QS Al Baqarah 275).
Tolong menolonglah atas kebaikan dan taqwa dan jangan tolong menolong atas dosa dan
permusuhan" (QS Al Maidah 2). Rasulullah SAW bersabda: Perdagangan itu atas dasar samasama
ridha".(HR al-Baihaqi dan Ibnu Majah).
Umat Islam terikat dengan persyaratan mereka"(HR Ahmad, Abu Dawud dan al-Hakim)
1. Pada dasarnya sistem MLM adalah muamalah atau buyu' dan muamalah atau buyu' prinsip
dasarnya boleh (mubah) selagi tidak ada unsur:
- Ghoror (penipuan)
- Riba'
- Dhoror (merugikan atau mendholimi fihak lain)
- Jahalah (tidak transparan).
2. Ciri khas sistem MLM terdapat pada jaringannya, sehingga perlu diperhatikan segala
sesuatu menyangkut jaringan tersebut: Transparansi penentuan biaya untuk menjadi anggota dan alokasinya dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan biaya pendaftaran anggota yang tinggi tanpa memperoleh kompensasi yang diperoleh anggota baru sesuai atau yang mendekati biaya tersebut adalah celah dimana perusahaan MLM mengambil sesuatu tanpa hak.
Transparansi peningkatan anggota pada setiap jenjang (level) dan kesempatan untuk berhasil pada setiap orang. Peningkatan posisi bagi setiap orang dalam profesi memang terdapat disetiap usaha. Sehingga peningkatan level dalam sistem MLM adalah suatu hal yang dibolehkan selagi dilakukan secara transparan, tidak menzhalimi fihak yang ada di bawah, setingkat maupun di atas.
Hak dan kesempatan yang diperoleh sesuai dengan prestasi kerja anggota. Seorang anggota atau distributor biasanya mendapatkan untung dari penjualan yang dilakukan dirinya dan dilakukan down line-nya. Perolehan untung dari penjualan langsung yang dilakukan dirinya adalah sesuatu yang biasa dalam jual beli, adapun perolehan prosentase keuntungan diperolehnya disebabkan usaha down line-nya adalah sesuatu yang dibolehkan sesuai perjanjian yang disepakati bersama dan tidak terjadi kedholiman.

Read more...

Fakta-Fakta Menarik Seputar Astronomi

OBJEK TERBESAR DI TATA SURYA
Matahari adalah objek paling besar dalam tata surya kita dengan diameter (pada equator) sepanjang 1.392.140 km. Urutan kedua ditempati oleh planet Jupiter dengan diameter 142.984 km. Di urutan berikutnya berturut-turut adalah Saturnus (120.536 km), Uranus (51.118 km), dan Neptunus (49.600 km). Bumi kita menempati urutan ke-6 dalam daftar ini dengan diameter 12.756 km, disusul oleh Venus (12.103 km) dan Mars (6.794 km). Urutan ke-9 dan ke-10 diduduki oleh dua buah satelit alam masing masing Ganymede, satelit Jupiter (5.262 km) dan Titan, satelit Saturnus (5.150 km).

SATELIT ALAM TERBESAR
Ganymede dan Titan merupakan satelit alam (bulan) terbesar dalam tata surya kita. Berikutnya berturut-turut disusul oleh Callisto (Jupiter/4.820 km) dan Io (Jupiter/3.632 km). Bulan kita menempati peringkat kelima dengan diameter 3.475 km. Sementara itu, Europa (Jupiter/3.126 km), Triton (Neptunus/2750 km), dan Titania (Uranus/1.580 km) menyusul di urutan selanjutnya. Daftar ini ditutup dengan Rhea (Saturnus/1.530 km) dan Oberon (Uranus/1.516 km) masing-masing di urutan ke-9 dan 10.

ANOMALI VENUS
Venus berotasi pada sumbunya sedemikian lambat, bahkan lebih lambat daripada periode orbitnya. Akibatnya satu tahun disana adalah lebih pendek daripada satu harinya (sehari di Venus setara dengan 243 hari di Bumi, sementara satu tahun Venus setara 225 hari Bumi). Disamping itu Venus diketahui berotasi dari arah timur ke barat, kebalikan dari planet-planet lain di tata surya kita yang berotasi dari barat ke timur, karena itu di Venus matahari terbit dari arah barat dan terbenam di timur.

SATELIT ALAM
Diantara kesemua planet anggota tata surya, hanya Bumi yang mempuyai satu-satunya satelit alam. Sementara itu, dua planat diantaranya, yakni Merkurius dan Venus sama sekali tidak memiliki satelit. Planet-planet bagian luar di tata surya umumnya kaya akan satelit alam. Hingga kini, telah diketemukan puluhan satelit alam yang mengedari planet Jupiter, Saturnus dan Uranus. Tidak semua satelit alam berbentuk bundar, tipikal sebuah planet. Kedua satelit Mars, Phobos dan Deimos serta satelit-satelit kecil yang mengedari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus diketahui memiliki bentuk yang tidak beraturan

SUMBU ROTASI
Planet Uranus memiliki kemiringan sumbu rotasi sebesar 98º. Hal ini menyebabkan kutub utaranya menunjuk ke bawah bidang garis edarnya. Karenanya permukaan planet di kedua kutub memiliki malam yang lamanya setara dengan 21 tahun di Bumi.

SUHU PALING EKSTREM
Planet dengan temperatur paling ekstrem dalam tata surya kita ialah Merkurius. Temperatur siang hari disana mencapai hingga 427ºC, cukup panas untuk melelehkan logam seng. Di malam hari, temperatur turun hingga -183ºC, cukup dingin untuk membekukan krypton. Selain itu Merkurus tercatat sebagai planet yang letaknya paling dekat dengan Matahari

PLANET TERPANAS
Walaupun Merkurius adalah planet terdekat dari Matahari, namun rekor sebagai planet terpanas justeru dipegang oleh Venus dengan suhu mencapai 482°C. Hal ini ditengarai akibat efek "rumah kaca" dari atmosfir Venus yang kaya akan unsur Karbon Dioksida

PLANET PALING CEMERLANG
Apabila Jupiter dan Bumi dilihat dari jarak yang sama, maka Jupiter akan terlihat 164 kali lebih cemerlang. Dilihat dari Bumi, panet yang paling cemerlang adalah Venus dengan magnitudo -4,4.

BINTANG TERDEKAT
Bintang terdekat dari Bumi kita ialah Proxima Centauri. Bintang sejauh 4,23 tahun cahaya ini terlalu redup untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Bintang terdekat yang dapat dilihat dengan mata telanjang adalah Alpha Centauri (4,4 tahun cahaya) yang terlihat sebagai bintang paling terang pada rasi Centaurus di langit belahan selatan

BINTANG TERMUDA
2 Protostar (calon bintang) yang dikenal sebagai IRAS-4 yang berada di dalam Nebula NGC 1333, 1.100 tahun cahaya dari Bumi adalah bitang termuda yang diketahui manusia. Keduanya baru akan mencapai fase stabil sebagai sebuah bintang setidaknya dalam 100.000 tahun mendatang.

BINTANG TERTUA
70 bintang yang ditemukan oleh sebuah tim astronom yang dipimpin oleh Timothy Beers (Amerika Serikat) diyakini sebagai bintang paling tua di galaksi Bimasakti. Bintang-bintang tersebut diperkirakan telah terbentuk pada sekitar 1 milyar tahun setelah peristiwa big bang (ledakan besar yang mengawali terbentuknya alam semesta).

BINTANG TERBESAR
Betelgeuse (Alpha Orionis) adalah bintang terbesar yang diketahui hingga sejauh ini. Bintang sejauh 430 tahun cahaya ini memiliki diameter 980 juta km atau 700 kali diameter matahari. Bintang ini terlihat dengan mata telanjang sebagai sebuah bintang berwarna kemerahan di rasi Orion.

BINTANG PALING CEMERLANG
Sebuah bintang yang disebut Pistol yang ditemukan oleh teleskop antariksa Hubble pada Oktober 1997 adalah bintang paling cemerlang yang diketahui. Cahayanya sekitar 10 juta kali lebih cemerlang dari matahari. Perhitungan oleh para astronom menunjukkan bahwa energi yang dipancarkannya dalam 6 detik setara dengan energi yang dipancarkan oleh Matahari selama satu tahun.

METEORIT TERBESAR
Pecahan meteorit berukuran antara 2,4 - 2,7 m yang ditemukan di Hoba West, dekat Grossfontein, Namibia pada tahun 1920 diduga merupakan meteorid terbesar yang pernah jatuh ke Bumi dan tercatat oleh manusia. Pecahan meteorid tersebut berasal dari sebuah meteorit tunggal yang beratnya diperkirakan mencapai 59 ton.

HUJAN METEOR TERBESAR
Hujan Meteor Leonid yang terjadi tanggal 16-17 November 1966 dan terlihat di Amerika Utara bagian barat hingga Rusia bagian timur merupakan hujan meteorid terbesar yang pernah tercatat. Meteor yang melintas di wilayah Arizona tercatat mencapai 2.300 meteor per menit selama 20 menit.

KOMET TERBESAR
Komet Centaur 2060 Chiron yang ditemukan tahun 1977 merupakan komet terbesar yang diketahui dengan diameter 182 km.

ASTEROID TERBESAR
1 Ceres dengan diameter 941 km merupakan asteroid terbesar. Selain itu, asteroid ini juga tercatat merupakan asteroid yang pertama kali ditemukan.

ASTEROID TERKECIL
Rekor sebagai asteroid terkecil dipegang oleh asteroid 1993KA2. Asteroid yang ditemukan tahun 1993 ini hanya berdiameter 5 m.

GERHANA MATAHARI TERLAMA
Secara teori, gerhana matahari dapat berlangsung maksimal selama 7 menit 31 detik. Gerhana matahari terlama yang pernah tercatat terjadi di Filipina dengan durasi 7 menit 8 detik. Gerhana matahari selama 7 menit 29 detik diperkirakan akan terjadi di tengah samudera Atlantik pada tanggal 17 Juli 2186.

KONSTELASI TERBESAR
Hydra (Naga Laut) merupakan konstelasi (rasi bintang) terbesar. Konstelasi ini menutupi area seluas 1.302,844º persegi atau mencakup 3,16% dari seluruh langit dan beranggotakan setidaknya 68 bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

KONSTELASI TERKECIL
Crux Australis (Salib Selatan) adalah konstelasi terkecil di langit. Ia hanya mencakup area seluas 68,477º persegi atau sekitar 0,16% dari seluruh langit.

OBJEK PALING CEMERLANG
Quasar HS1946+7658 adalah objek paling cemerlang di jagat raya. Objek ini setidaknya 1,5 x 1015 kali lebih cemerlang dari Matahari kita

OBJEK TERDINGIN
Nebula Boomerang, sebuah kabut debu dan gas yang terletak sejauh 5000 tahun cahaya dari Bumi dipercayai sebagai objek paling dingin. Temperaturnya diperkirakan berkisar pada -270ºC (-454ºF)

TELESKOP TERBESAR
Teleskop terbesar di dunia saat ini adalah sepasang teleskop kembar berdiameter 10 m yang digunakan di Observatorium W.M. Keck di Mauna Kea, Hawaii. Lensa masing-masing teleskop seberat 300 ton itu terdiri dari 36 buah cermin berbentuk segi enam yang digabungkan menjadi sebuah cermin pemantul (reflektor).

Read more...

About Me

Foto Saya
Saya adalah seorang pelajar SMKN 2 Tasikmalaya. Saya sekarang berada di kelas XII jurusan Otomotif. Saya tinggal di Jl. Harapan No. 46 Manonjaya Tasikmalaya. Saya merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara

Lorem ipsum

Selamat datang di website pribadi milik andriana.
Anda dapat mendownload informasi yang tersedia di posting dan mohon untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya....

Welcome in My Blog © Layout By Hugo Meira.

TOPO