Rabu, 30 April 2008

Mimpi Basah Saat Puasa

Mimpi basah tidak membatalkan puasa karena termasuk dalam kategori mengeluarkan mani dengan tidak sengaja. Jadi, orang yang mimpi basah di siang hari di bulan Ramadhan tetap harus melanjutkan puasanya, puasanya dipandang sah dan tidak wajib diqadha. Yang membatalkan puasa adalah jika seseorang mengeluarkan mani dengan sengaja, semisal dengan onani, mencumbui isteri, melihat gambar yang merangsang dan sebagainya.
Untuk melakukan mandi junub ada dua hal yang harus dikerjakan karena merupakan rukun:
1. Niat dan menghilangkan najis dari badan bila ada. Sabda Nabi s.a.w.: Semua perbuatan itu tergantung dari niatnya. (HR Bukhari dan Muslim)
2. Meratakan air ke seluruh tubuh (termasuk rambut) Sabda Nabi SAW:
Setiap bagian di bawah rambut adalah janabah, maka basahkanlah rambutmu dan bersihkanlah kulit. Adapun sunnah mandi janabah adalah sebagai yang dicontohkan Rasulullah dalam hadits berikut ini:
Dari Aisyah r.a. berkata, “Apabila Rasulullah s.a.w. hendak mandi janabah beliau memulai dengan membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkannya ke dalam bejana. Kemudian beliau membasuh kemaluan dan berwudhu seperti wudhu untuk shalat. Lalu beliau menyela-nyela rambutnya dengan air. Setelah itu beliau menyiramkan air ke kepalanya tiga kali dan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya.” (HR. Tirmidzi)
Jadi yang disunahkan ketika mandi janabah adalah sebagai berikut:
1. Membaca basmalah.
2. Membasuh kedua tangan sebelum memasukkan ke dalam air
3. Berwudhu` sebelum mandi.
4. Menggosokkan tangan ke seluruh anggota tubuh. Hal ini untuk membersihkan seluruh anggota badan.
5. Mendahulukan anggota kanan dari anggota kiri seperti dalam berwudhu

Seja o primeiro a comentar

About Me

Foto saya
Saya adalah seorang pelajar SMKN 2 Tasikmalaya. Saya sekarang berada di kelas XII jurusan Otomotif. Saya tinggal di Jl. Harapan No. 46 Manonjaya Tasikmalaya. Saya merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara

Lorem ipsum

Selamat datang di website pribadi milik andriana.
Anda dapat mendownload informasi yang tersedia di posting dan mohon untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya....

Welcome in My Blog © Layout By Hugo Meira.

TOPO