Atasi Knalpot Motor Nembak
Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya ledakan – ledakan pada knalpot pada saat motor dinyalakan:
1. Udara
Penyebabnya : Pasokan udara yang terlalu irit atau terlalu kaya
Solusinya: Setel ulang stelan udara di karburator dan/atau bersihkan filter udaranya.
2. Bahan Bakar
Penyebabnya :
- Kualitas bahan bakar yang kurang baik
- Pasokan bensin yang terhambat atau terlalu kaya
Solusinya:
- Kuras tangki dan gunakan kualitas bahan bakar yang baik dengan tidak sembarangan isi bensin di sembarang tempat.
- Stel ulang baut setelan bensin yang ada di karburator + bersihkan sekalian karburator, mungkin ada kotoran yang menghambat
3. Sumber Nyala/Pengapian (Busi+Kabelnya)
Penyebab: kerenggangan busi yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan pabrikan, atau pemakaian busi yang kualitasnya kurang baik/uzur atau kabel busi yang tidak cocok/cacat dlsb
Solusi: Stel kembali kerenggangan businya bila busi sudah jelek, diganti cek kabel businya apakah cacat/terkelupas kabelnya atau kotoran di "cangklong" kabel busi
Langkah jitu atasi knalpot nembak-nembak pada motor Honda :
1. langkah awal pastikan dulu knalpot ente nggak bocor, kalo pake knalpot racing, gunakan yang ada sekat-sekatnya.
2. Kalo ada masalah berhubungan dengan pembakaran, langkah pertama adalah periksa hasil pembakaran pada kepala busi,
1. putih & kering : artinya terlalu lean/miskin alias irit
2. putih kecoklatan : berarti baik-baik saja
3. hitam & agak basah : artinya rich/kaya alias boros
3. Pastikan stelan air screw(stelan angin) pada saat langsam jangan terlalu banyak, alias pas-sin dengan hingga RPM mesin stabil / tidak tersendat-sendat, ukuran standar untuk motor Honda bebek: 1,5 putaran, Honda Sport: 2 - 2,5 putaran air screw.
4. Kalo resep diatas blm manjur, coba bukaair screw/stelan angin sampai keluar screw(sekrup) + Pegas dan O-ringnya,
5. Periksa O-ringnya, kemungkinan rusak atau malah tidak ada(hilang),
6. O-ring kalo tidak ada, efeknya ada kebocoran angin ke karburator, membuat pembakaran jadi lean(miskin)
7. Solusinya adalah ganti o-ring dengan yang baru,
8. Masalahnya adalah kalo kita cari di took-toko diluar, O-ring tersebut tidak ada kecuali beli carburator repair kit
9. Jadi triknya adalah, beli korek api gas di took-toko samping rumah ente, yang harganya Rp1.000,-
10. Bongkar tuh korek api, pasti ente akan menemukan O-ring yang ente cari,
11. Pasang O-ring dengan benar kedalam air screw, dijamin ngga ada kebocoran udara dari situ.
12. Kalo belum juga kunjung hilang, terakhir periksa system pengapian (CDI) coba pinjem temen, ganti sebentar dan test, kalo bagus berarti CDI enter harus di museumkan
1. Udara
Penyebabnya : Pasokan udara yang terlalu irit atau terlalu kaya
Solusinya: Setel ulang stelan udara di karburator dan/atau bersihkan filter udaranya.
2. Bahan Bakar
Penyebabnya :
- Kualitas bahan bakar yang kurang baik
- Pasokan bensin yang terhambat atau terlalu kaya
Solusinya:
- Kuras tangki dan gunakan kualitas bahan bakar yang baik dengan tidak sembarangan isi bensin di sembarang tempat.
- Stel ulang baut setelan bensin yang ada di karburator + bersihkan sekalian karburator, mungkin ada kotoran yang menghambat
3. Sumber Nyala/Pengapian (Busi+Kabelnya)
Penyebab: kerenggangan busi yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan pabrikan, atau pemakaian busi yang kualitasnya kurang baik/uzur atau kabel busi yang tidak cocok/cacat dlsb
Solusi: Stel kembali kerenggangan businya bila busi sudah jelek, diganti cek kabel businya apakah cacat/terkelupas kabelnya atau kotoran di "cangklong" kabel busi
Langkah jitu atasi knalpot nembak-nembak pada motor Honda :
1. langkah awal pastikan dulu knalpot ente nggak bocor, kalo pake knalpot racing, gunakan yang ada sekat-sekatnya.
2. Kalo ada masalah berhubungan dengan pembakaran, langkah pertama adalah periksa hasil pembakaran pada kepala busi,
1. putih & kering : artinya terlalu lean/miskin alias irit
2. putih kecoklatan : berarti baik-baik saja
3. hitam & agak basah : artinya rich/kaya alias boros
3. Pastikan stelan air screw(stelan angin) pada saat langsam jangan terlalu banyak, alias pas-sin dengan hingga RPM mesin stabil / tidak tersendat-sendat, ukuran standar untuk motor Honda bebek: 1,5 putaran, Honda Sport: 2 - 2,5 putaran air screw.
4. Kalo resep diatas blm manjur, coba bukaair screw/stelan angin sampai keluar screw(sekrup) + Pegas dan O-ringnya,
5. Periksa O-ringnya, kemungkinan rusak atau malah tidak ada(hilang),
6. O-ring kalo tidak ada, efeknya ada kebocoran angin ke karburator, membuat pembakaran jadi lean(miskin)
7. Solusinya adalah ganti o-ring dengan yang baru,
8. Masalahnya adalah kalo kita cari di took-toko diluar, O-ring tersebut tidak ada kecuali beli carburator repair kit
9. Jadi triknya adalah, beli korek api gas di took-toko samping rumah ente, yang harganya Rp1.000,-
10. Bongkar tuh korek api, pasti ente akan menemukan O-ring yang ente cari,
11. Pasang O-ring dengan benar kedalam air screw, dijamin ngga ada kebocoran udara dari situ.
12. Kalo belum juga kunjung hilang, terakhir periksa system pengapian (CDI) coba pinjem temen, ganti sebentar dan test, kalo bagus berarti CDI enter harus di museumkan
Seja o primeiro a comentar
Posting Komentar